Thursday, May 4, 2023

Model Pembelajaran Seni Terpadu

a. Definisi Seni Terpadu

Seni terpadu menekankan pada hubungan antara dua atau lebih bidang keilmuan yang berbeda melalui pendekatan tematik.


b. Tujuan Implementasi Seni Terpadu

• Membantu siswa untuk menghubungkan pengetahuannya dengan dunia luar.

• Membantu siswa dalam mentransfer pembelajarannya tentang seni ke banyak mata pelajaran lainnya.

• Membantu dalam mempercepat dan memfasilitasi proses pembelajaran.


c. Konsep dan Model Pembelajaran Seni Terpadu

• Model Pembelajaran Terpadu dalam Rumpun Pendidikan Seni Terkait (conected)

Model pembelajaran terkait merupakan model pembelajaran terpadu yang paling sederhana, karena hanya menekankan hubungan matra substansial yang ada dalam suatu bidang studi. Model pembelajaran seni rupa terkait adalah upaya untuk memadukan berbagai materi 

 


Konsep model pembelajaran seni rupa terkait Sumber: (Kamaril: 1999: 6.36)

Sumber: slideshare.net/Saeful_4H13 (2011)


• Model Pembelajaran Terpadu dalam Rumpun Pendidikan Seni Terjala (webbed)

Seni rupa, seni musik dan seni tari dan seni teater merupakan satu rumpun pendidikan seni. Pelaksanaan pembelajaran model terjala dapat dilaksanakan secara terpadu, dengan memadukan seluruh atau sebagian dari bidang studi yang ada dalam satu rumpun.



Model Pembelajaran Terjala Intra/Antar Bidang Seni 

Sumber: slideshare.net/Saeful_4H13 (2011)


 


Keterjalan Intra/Antar Bidang Seni (Alternatif I)

Sumber: slideshare.net/Saeful_4H13 (2011)



Keterjalan Intra/Antar Bidang Seni (Alternatif 2)

Sumber: slideshare.net/Saeful_4H13 (2011) 


• Model Pembelajaran Terpadu dalam Rumpun Pendidikan Seni Penuh (integreted)

Model pembelajaran terpadu dapat terjadi inter bidang seni dengan bidang studi lain yang ada di sekolah. Seperti keterpaduan yang terjadi antara bidang studi seni dengan bidang studi IPA. Matematika, IPS, Bahasa, Agama dan yang lainnya.



Keterjalaan Inter Bidang Studi Alternatif 1

Sumber: slideshare.net/Saeful_4H13 (2011)



Keterjalaan Inter Bidang Studi Alternatif 2

Sumber: slideshare.net/Saeful_4H13 (2011) 


a. Contoh Karya Seni Terpadu

Gambar 9.1. Contoh Karya Seni Terpadu dalam rumpun pendidikan seni (terjala) yang memadukan seni rupa, seni tari dan seni teater dalam jenis karya Performance Art, karya seniman Melati Suryadarmo berjudul “I AM A GHOST IN MY OWN HOUSE”.

Sumber: Indoartnow/Melati Suryadarmo (2012)


Gambar 9.2. Contoh Karya Seni Terpadu dalam rumpun pendidikan seni (terjala) yang memadukan seni rupa, seni musik dan seni teater dalam jenis karya Installation Art, karya seniman Jompet Kuswidananto berjudul “GRAND PARADE”.

Sumber: Indoartnow/Jompet Kuswidananto (2014)

 

Gambar 9.3. Contoh model pembelajaran terpadu penuh yang memadukan seni rupa dengan matematika berdasarkan soal alogaritma.

Sumber: Erudio School of Art/Serrum (2012)

Gambar 9.4. Contoh model pembelajaran terpadu penuh yang memadukan seni rupa dengan matematika berdasarkan rumus persamaan Linear.

Sumber: Erudio School of Art/Serrum (2012) Menganalisis karya seni rupa dengan model pembelajaran terpadu.


Sebuah proses atau produk karya seni biasanya berkaitan dengan disiplin ilmu lainnya. Dalam proses pembuatan karya seni batik misalnya, proses pewarnaan kain batik berkaitan dengan ilmu kimia. Sebagai contoh, untuk menghasilkan warna biru dengan menggunakan Napthol maka dapat diperoleh dari pencampuran Napthol AS dangan garam Biru BB. Selain itu juga dapat berkaitan dengan ilmu sosial, geografi dan sejarah karena kita perlu mempelajari dimana batik ini dibuat saat dalam proses meriset dan mendesain batik.

Silahkan cari contoh kasus lainnya mengenai keterhubungan antara bidang seni rupa dengan ilmu lainnya!

Sumber: buku guru Kurilulum Operasional Sekolah SMK PK KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAN PERBUKUAN PUSAT KURIKULUM DAN PERBUKUAN

2 comments: