Friday, May 18, 2018

Keberhasilan Interaksi Edukatif

1.Pengertian
Suatu proses interaksi edukatif tentang suatu bahan pengajaran dinyatakan berhasil apabila hasilnya memenuhi tujuan pembelajaran khusus bahan tersebut.

2.Indikator
Yang menjadi petunjuk, bahan suatu proses belajar itu dianggap berhasil adalah sebagai berikut :
a.Daya serap terhadap bahan pengajaran yang di ajarkan mencapai prestasi tertinggi, baik secara individual maupun kelompok.
b.Perilaku yang di gariskan dalam tujuan pembelajaran khusus (TPK) telah di capai oleh anak didik, baik secara indiviadual maupun kelompok.

3.Penilaian Keberhasilan
Keberhasilan interkasi edukatif biasanya di ukur dengan tes prestasi (hasil belajar).Berdasarkan tujuan dan ruang lingkupnya, tes prestasi belajar dapat di manfaatkan untuk penilaian berikut :
a.Tes formatif
b.Tes Subsumatif
c.Tes Sumatif

4.Tingkat keberhasilan
Setiap interaksi edukatif selalu menghasilkan prestasi belajar. Masalah yang dihadapi adalah sampai di tingkat mana prestasi belajar yang telah dicapai.

5.Program perbaikan 
Taraf atau tingkat keberhasilan proses interaksi edukatif dapat dimanfaatkan untuk berbagai upaya. Salah satunya berhubungan dengan perbaikan proses interaksi edukatif itu sendiri.  

No comments:

Post a Comment