Friday, May 18, 2018

Komik berdasarkan Segi Bentuk Penampilan

Komik berdasarkan segi bentuk penampilan yaitu:
1. Komik Strip
Komik ini terdiri dari beberapa panel gambar saja dan memiliki cerita yang sekali baca habis, sehingga cerita dalam komik strip singkat saja biasanya tentang cerita lucu atau kejadian-kejadian sederhana. Jenis komik strip dapat kita jumpai pada surat kabar, majalah. Contohnya majalah Bobo, majalah Kids fantasy, koran Suara Merdeka, majalah lokal kampus, selebaran, dan sebagainya. Komik strip dalam majalah atau koran berfungsi sebagai hiburan. Komik strip juga sangat cocok ditempel pada majalah dinding karena sekali baca habis ceritanya.
Contoh komik Strip:
Komik Strip (manual)

Komik Strip (pewarnaan komputer)

2. Komik Buku
Komik buku merupakan kumpulan lembaran gambar-gambar komik yang tersusun dalam satu atau beberapa cerita yang dikemas menjadi sebuah buku. Jenis buku komik:
-Satu buku komik dapat berisi beberapa judul cerita.
-Satu buku komik dapat berisi satu judul cerita yang utuh tidak bersambung.
-Satu buku komik dapat berisi satu judul cerita yang bersambung ke buku selanjutnya.
-Satu judul buku komik juga dapat menjadi beberapa seri buku. Seri sebelumnya dan sesudahnya bukan cerita yang berkelanjutan.
Buku komik biasanya memiliki cover yang berwarna meskipun isinya hitam putih. Ada juga macam buku komik yang isinya maupun covernya berwarna semua namun harganya lebih mahal. Selain dari warna harga buku komik juga tergantung dari seberapa tebal tipisnya cerita dan jenis kertas yang digunakan.
Contoh buku komik:






3. Komik Humor dan Petualangan
Komik humor merupakan komik yang isinya menampilkan sesuatu yang lucu atau yang dapat membuat pembaca tertawa. Kelucuan dari komik humor dapat diperoleh dari gambar-gambar tokohnya, kata-kata yang diucapkan tokoh maupun jalan ceritanya.  Gambar lucu dapat diperoleh dilihat dari segi deformasi bentuk tubuh sang tokoh, ukuran, tampang, proporsi bagian tubuh, bentuk-bentuk tubuh yang aneh, maupun atribut lucu yang dikenakan oleh tokoh.
Contoh jenis komik humor yang sudah terkenal: Doraemon, Bakabon, Kobo Chan, dan lain-lain.
Contoh komik humor:
Contoh komik Humor
Komik petualangan merupakan komik yang isinya menampilkan cerita petualangan tokoh-tokoh cerita. Contoh-contoh aksi petualangan misalnya mencari, mengejar, membela, memperjuangkan, perkelahian, perjalanan dan sebagainya. Biasanya dalam komik petualangan terdapat kelompok tokoh baik dan kelompok tokoh jahat yang masing-masing mempertahankan prinsip tertentu. Dalam komik petualangan selalu dapat hal-hal menarik, tidak terduga, menyulitkan maupun menegangkan.
Contoh jenis komik petualangan yang sudah terkenal:Detective Conan, Petualangan Tintin, One Piece dan lain-lain.
Contoh komik petualangan:


Contoh komik petualangan

4. Komik Biografi dan komik Ilmiah
Komik biografi merupakan komik yang menampilkan kisah hidup seorang tokoh terkenal (biasanya tokoh sejarah) dari lahir hingga wafat. Komik biografi terdiri dari beberapa aspek misalnya aspek sejarah, aspek seni, aspek religius, dan sebagainya. Biasanya komik biografi terdiri dari beberapa seri cerita.
Contoh komik biografi:
Contoh komik biografi Napoleon Bonaparte

Contoh komik biografi Abraham Lincon

Komik ilmiah merupakan komik yang menampilkan sebuah bidang keilmuan yang dikemas melaui perpaduan narasi dan komik. Dalam komik ilmiah terdapat cerita tentang proses penemuan sesuatu dan hal yang ditemukan itu misalnya penemuan telepon, penemuan televisi, penemuan pesawat terbang, penemuan mobil, penemuan film, penemuan listrik dan sebagainya. Dalam komik ilmiah hanya diceritakan moment-moment tertentu yang penting yang berhubungan dengan barang temuannya. Komik ini dikemas dengan jenis huruf Understanding Comics (Scott McCloud).
Contoh komik ilmiah:
Contoh komik ilmiah penemuan Hukum Gerak

No comments:

Post a Comment