Monday, October 11, 2021

Tahapan Pelaksanaan Eksplorasi dan Eksperimentasi Karya Seni Rupa

 Tahapan pelaksanaan kegiatan:

1. Guru membagi siswa ke dalam 2 kelompok, setiap anggota kelompok duduk berdekatan dengan teman kelompoknya.

2. Setelah membagi kelompok, jelaskan bahwa pada kesempatan ini siswa diminta untuk membuat karya di atas kertas dengan tema “Daerahku”. Karya berupa gambar/lukisan tersebut dapat berupa motif, pola atau bentuk lainnya yang dapat menggambarkan tema tersebut.

3. Sebelum mulai, guru memanggil perwakilan kelompok satu persatu untuk mengambil kelompok undian dan kemudian membagikan kantong atau wadah berisi perlengkapan masing-masing kelompok sesuai hasil undian. Pastikan semua mengetahui seluruh perlengkapan kelompok lainnya sehingga mereka mengetahui bahwa setiap kelompok mendapatkan paket perlengkapan yang berbeda-beda. Jika ada yang menanyakan perbedaan tersebut, guru dapat menjelaskan bahwa hal tersebut menjadi peraturan dari ini.

4. Jelaskan bahwa masing-masing kelompok hanya dapat menggunakan peralatan yang terdapat di wadah kelompoknya saja, tidak boleh saling pinjam-meminjam peralatan dengan kelompok lain.

5. Setelah selesai, persilahkan siswa untuk membacakan karya individu mereka masing-masing lalu bersama dengan seluruh anggota, diajak untuk hasil dari yang menggunakan peralatan berwarna dan yang berwarna.

Pertanyaan Penting:

1. Apa yang dirasakan berbeda ketika mengetahui siswa lainnya memiliki peralatan yang berbeda ?

2. Apakah peralatan yang dimiliki mempengaruhi hasil karya siswa? Jelaskan!

3. Apakah hasil karya dapat menjadi sarana yang adil dalam menilai kemampuan individu siswa?

C. Penggunaan Elemen Seni Rupa dalam Membuat Karya Seni Rupa

Siswa diajak berkegiatan singkat dengan menggunakan beberapa alternatif kegiatan yang dapat dipilih di bawah ini:

Alternatif Kegiatan I, untuk Peserta:

Latihan mencampur warna dari warna dasar dan mencari makna warna sebagai booster emosi karya “RODA WARNA”. (30 menit)

Tujuan kegiatan: Peserta diajak untuk belajar penggunaan warna untuk meningkatkan emosi dalam karya, secara sederhana mereka akan diajak membuat cakra warna, dimana detail campuran dari 3 warna dasar merah, biru dan kuning menjadi 1 buah lingkaran utuh.

 



Gambar 4.1 Roda Warna

koleksi www.ganara.art (2018)

Tahapan Pelaksanaan Kegiatan:

1. Sebelum memulai kegiatan, guru meminta siswa membuat lingkaran dengan membagi lingkaran ke dalam minimal 9 ruang. Kegiatan ini dapat dilakukan sendiri maupun sendiri.

2. Jika telah ada 9 ruang, beri warna kuning pada ruang pertama yang diisi warna (ruang ke 1), selanjutnya beri warna pada tiga kolom berikutnya setelah warna kuning (ruang ke 4), dan tiga kolom berikutnya diberi warna biru (ruang berikutnya). ke 7).

3. Ruang ke 2 diisi dengan hasil pencampuran 70% Kuning 30% Merah.

4. Ruang ke 3 diisi dengan hasil pencampuran 30% Kuning dan 70% Merah.

5. Ruang ke 5 diisi dengan hasil pencampuran 70% Merah dan 30% Biru.

6. Ruang ke 6 diisi dengan hasil pencampuran 30% Merah dan 70% Biru.

7. Ruang ke 8 diisi dengan hasil pencampuran 70% Biru dan 30% Kuning.

8. Ruang ke 9 diisi dengan hasil pencampuran 30% Biru dan 70% Kuning.


Pertanyaan Pemantik:

1. Apakah komponen warna yang menguatkan emosi sedih dan dingin?

2. Apakah komponen warna yang menguatkan semangat dan marah?

3. Keterangan mengenai warna dapat dilengkapi dari hasil pencarian bersama dalam kelompok.


Alternatif Kegiatan II untuk siswa:

Latihan membuka konsep garis dalam membentuk kesan bidang

“Nirmana Garis”. (30 menit)

Tujuan kegiatan:

Siswa diajak untuk belajar menggunakan elemen garis untuk membuat kesan dalam ruang.


 

Gambar 4.2. Nirmana Garis 01

Karya Kolektif www.ganara.art (2020)




Gambar 4.3. Nirmana Garis 02

Karya Kolektif www.ganara.art (2020)




Gambar 4.4. Nirmana Garis 03

Karya Kolektif www.ganara.art (2020)


Tahapan pelaksanaan kegiatan:

1. Sebelum memulai kegiatan, guru menyiapkan dokumen gambar berupa interior dalam ruangan. Diharapkan ruangan tersebut memiliki beberapa elemen dengan bentuk melengkung atau kurva.

2. Siswa diminta bidang ruang tersebut dengan mengambil inti dari rata dan digunakan sebagai pembatas.

3. Dengan menggunakan elemen garis, ketebalan dalam satu tarikan garis, patahan sudut garis dan kurva lengkung, siswa diajak untuk belajar mendalami elemen garis untuk memberikan kesan ruang yang lebih dramatis.

4. Latihan ringan dengan menggunakan elemen garis ini dapat dinikmati dengan diskusi lain yang dapat dinikmati oleh siswa dalam membuat karya.


Alternatif kegiatan III untuk siswa:

Latihan membuka konsep garis untuk membentuk kesan dalam bidang

“Nirmana Ruang”. (30 menit)

 


Gambar 4.5. Nirmana Garis

Karya Kolektif www.ganara.art (2020)


Tujuan kegiatan:

Peserta diajak untuk belajar menggunakan elemen garis dalam bidang untuk membuat kesan dalam ruang.

Tahapan pelaksanaan kegiatan:

1. Sebelum memulai kegiatan, guru menyiapkan contoh dokumen kerja berupa kotak dasar.

2. Siswa berlatih berlatih dengan mata untuk menciptakan ilusi menjadi ruang dan bentuk.

 




Gambar 4.6. Pola Nirmana Ruang sebelum dipotong

Karya Kolektif www.ganara.art (2020)




Sumber: buku guru Kurilulum Operasional Sekolah SMK PK KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAN PERBUKUAN PUSAT KURIKULUM DAN PERBUKUAN



No comments:

Post a Comment