Wednesday, May 15, 2019

Merancang Karya Seni Budaya Nusantara (teknik membentuk)

MERANCANG KARYA SENI BUDAYA NUSANTARA

Berkarya seni yang baik dapat menciptakan bentuk bentuk baru yang artistic dan estetik. Keberhasilan berkarya tiga dimensi ditentukan oleh pencipta dan media yang digunakan. Menyipkan karya dengan berkreasi sendiri atau mengembangkan ide atau gagasan dari berbagai sumber dari lingkungan sekitar. Karya tersebut bias berupa karya yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari hari maupun benda seni murni atau hanya untuk dinikmati dari segi estetisnya saja. Sebelum menciptakan karya seni ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

1. Membentuk
Pengertian membentuk yaitu ide atau gagasan yang diekspresikan berwujud tiga dimensi yaitu memiliki nilai indah dan nilai seni dengan menggunakan media atau alat tertentu. Terdapat beberapa cara membentuk karya seni rupa, yaitu konstruksi, analitik, dan memutar. Membentuk karya seni rupa dengan cara menggunakan keterampilan tangan disebut konstruksi.

2. Media atau bahan pembentuk 
Media atau bahan yang digunakan untuk membentuk umumnya elastis atau lunak. Contoh media pembentuk karya seni rupa adalah gips, tanah liat, malam, bubur kertas, plastisin, dan lain-lain. Alat yang digunakan sebagai media pembentuk adalah alas papan, tangan, alat putar, atau kayu pipih. Bahan untuk membuat karya seni rupa yang sering digunakan dalam usaha gerabah. Kaolin disebut juga tanah liat China karena berwarna putih dan warnanya tidak berubah walau telah melalui proses pembakaran. 

3. Wujud karya seni membentuk
Beberapa hasil karya seni dibentuk dengan cara tertentu dapat berupa kerajinan atau kriya. Contoh kerajinan kramik untuk peralatan rumah tangga  atau gerabah. Benda karya seni rupa lainnya adalah patung, guci, perkakas batu, gerabah, batu bata dan lain-lain.

4. Teknik membentuk
Teknik atau cara yang digunakan dalam membuat karya seni antara lain dengan cara membentuk. Untuk mendapatkan sebuah hasil karya yang baik dan indah diperlukan keterampilan seniman, bahan, dan alat pembantuk. Untuk membuat karya cetak, cor, bahan dituangkan pada alat cetakan. Selain itu terdapat alat yang digunakan untuk membentuk karya seni rupa antara lain sudip, pisau, penggores, dan lain lain.

 Adapun hasil dari karya seni tersebut pasti memiliki berbagai nilai yang terkandung didalamnya. Adapun wadah yang digunakan sebagai apresiasi dari hasil karya seni yaitu pameran atau pagelaran. 

8 comments: