Simaklah cerita di bawah ini:
Mira, Ratna dan Andi berlibur ke Bali, mereka menyaksikan berbagai pertunjukan seni. Setelah menyaksikan sebuah tari Barong mereka semua terkagum-kagum dengan pertunjukan tersebut dan merasa senang melihatnya. Andi kemudian berlari ke belakang panggung bertanya pada salah satu penari tersebut bagaimana cara menggunakan kostum barong, Mira membuka HP dan browsing sejarah tari Barong, sedangkan Ratna hanya duduk saja. Setelah membaca sejarah tari Barong, Mira kemudian membuat catatan detail tentang tari tersebut, iapun menemupan kekurangan dari tari Barong tersebut yaitu dialognya kurang mampu dipahami. Sedangkan Andi setelah mewawancarai penari Barong ia berinisiatif meminta kontak nomor HP untuk latihan/kursus menari Barong.
Pertanyaan:
1. Menurut pendekatannya siapakah yang melakukan apresiasi pasif?
2. Menurut pendekatannya siapakah yang melakukan apresiasi akif?
3. Pendekatan apa yang dilakukan oleh Andi?
4. Pendekatan apa yang dilakukan oleh Mira?
5. Menurut tingkatannya siapa sajakah yang telah melakukan apresiasi empatik?
6. Menurut tingkatannya siapa sajakah yang telah melakukan apresiasi estetis?
7. Menurut tingkatannya siapa sajakah yang telah melakukan apresiasi kritik?
8. Menurut perkiraanmu tentang apa sajakah isi dari catatan detail milik Mira?
9. Siapakah kira-kira yang melakukan tahapan apresiasi Seni Budaya sampai pada tahapan penilaian?
10. Menurut Brent G. Wilson apresiasi yang dilakukan Ratna megandung berapa konteks? Apa sajakah itu?
Kunci Jawaban:
1. Ratna
2. Mira dan Andi
3.Pendekatan Aplikatif
4. Pendekatan Kesejarahan
5. Mira, Andi dan Ratna
6. Mira, Andi dan Ratna
7. Mira
8. Klasifikasi tari Barong, asal-usul tari Barong, dialog tari Barong, kostum, cerita, kostum, Gerakan, jenis music, tata rias, pencahayaan, kekurangan dan kelebihan tari Barong.
9. Mira
10. Feeling dan Empathizing.
Penilaian: Jumlah benar x 10 = 10x10= 100
No comments:
Post a Comment