Tuesday, February 2, 2016

Figur Boneka

Terdapat bermacam figur boneka dari berbagai 

Berbagai
1. Manusia
Boneka figur manusia merupakan bentuk yang paling nyata dan dekat dengan anak. Manusia adalah dirinya sendiri dan jika tidak merupakan makhluk lain dari diri anak yang mudah disentuh dan dilihat setiap hari. Manusia mudah dikenali dan meskipun hampir sama tetap bisa dibedakan antara wajah satu dengan wajah lain atau bentuk-bentuk badannya saja yang dibedakan. Boneka dengan figur jenis ini sangat banyak ditemukan di pasaran, ada macam-macam manusia dari bayi, anak-anak, manusia dewasa bahkan ada yang tua. Masing-masingnya terdapat juga yang berjenis kelamin laki-laki tapi kebanyakan berjenis kelamin perempuan karena mungkin yang lebih sering bermain boneka adalah gadis. 
Boneka figur manusia



Boneka jenis figur manusia dapat digunakan dalam permainan drama yang menggunakan cerita manusia. Figur ini lebih terasa nyata dan dapat diaplikasikan dari hal nyata ketimbang figur-figur boneka yang lainnya.

2. Binatang
Binatang adalah makhluk yang dapat bergerak selain manusia, makhluk ini juga dapat bersuara khas meski tidak berbicara sepintar manusia. Binatang memiliki bentuk tubuh yang berbeda dari manusia, macamnyapun banyak sehingga menarik bagi siapapun. Figur binatang dalam bentuk boneka biasanya berkesan lucu dan menggemaskan membuat tampilannya semakin menarik saja.
Contoh boneka binatang


Sama seperti boneka figur manusia, jenis figur ini pun dapat dimainkan dalam drama dalam cerita nyata maupun fabel. Bahkan boneka figur binatang dapat dijadikan binatang peliharaan palsu dan dapat dibawa tidur di atas ranjang. Ada beberapa jenis boneka binatang yang dilengkapi dengan mesin penggerak yang membuat boneka tersebut dapat bertingkah seperti binatang.

3. Makhluk tidak nyata
Selain binatang dan manusia, ada juga figur boneka dengan sosok yang tidak nyata. Figur boneka ini juga menarik karena lain daripada yang lain, makhluk yang semacam ini tidak gampang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari karena memang tidak ada. Makhluk tidak nyata seperti ini biasanya didapat dari cerita yang tidak nyata pula seperti cerita mulut ke mulut, cerita dari film atau bahkan karangan sendiri.
>Tokoh film
Siapa yang tidak tertarik dengan boneka yang berbentuk tokoh film yang disukai. Tokoh film tidak hanya berupa tokoh kartun tetapi juga film live action. Perwujudan tokoh film ini meskipun tidak nyata akan tetapi dapat dikagumi melalui bentuk tiga dimensi. Boneka dengan figur tokoh film dapat dijadikan sebagai hiasan, koleksi maupun mainan. Figur tokoh film ada yang berbentuk manusia maupun bukan manusia.
Contoh boneka tokoh film

>Alien
Semua orang mengetahui siapa alien meski mereka tidak pernah mengetahuinya secara nyata. Alien mengandung daya tarik karena misteri dan seolah-olah terdapat nyata didunia tetapi tidak bisa mengetahuinya secara langsung. Tidak dapat dikatagorikan alien adalah jenis binatang atau manusia karena bentuknya bermacam-macam dan wujudnya tidak pasti.
Contoh boneka alien

>Robot
Robot sebenarnya adalah benda mati yang bergerak dan hidup karena mesin buatan manusia. Sosok robot cukup menarik apalagi untuk anak laki-laki, daya tariknya ada pada tingkat kecanggihan yang dimiliki. Banyak yang lebih bisa dilakukan oleh robot jika dibandingkan dengan manusia. Selain itu juga figur robot memiliki style tampilan yang lebih keren daripada lucu.
Contoh boneka robot

>Hantu
Figur boneka hantu biasanya tampak mengerikan karena wujud aslinya yang memang menakutkan. Boneka dengan figur hantu jarang dibuat karena tidak menunjukkan aura yang bersahabat. Kebanyakan boneka dengan figur hantu lebih berkesan seram, diantaranya ada yang digunakan hanya sebagai koleksi namun ada juga yang dijadikan sebagai jimat.
Contoh boneka figur hantu

>Figur karangan sendiri
Figur semacam ini tidak terdapat dalam film, bukan jenis hantu dan bukan robot maupun alien. Figur yang dikarang sendiri bisa berbentuk mirip kesemua jenis makhluk sebab tergantung dari imajinasi si pembuat boneka. 



Boneka figur karangan


4. Tumbuhan
Tumbuhan adalah makhluk yang bernyawa tetapi tidak memiliki jiwa. Tumbuhan juga akrab di kehidupan sehari-hari sebagai tanaman hidup atau hanya bagian perbagian dari tumbuhan tersebut seperti buah, daun atau bunga.
Boneka figur tumbuhan

>Buah-buahan
Tidak ada buah-buahan yang hidup bergerak memiliki tangan kaki mata dan mulut, tetapi jika mereka bisa pasti akan sangat lucu. Bentuk figur dari boneka ini adalah bentuk buah itu sendiri sebagai kepala berikut dengan wajahnya. Adapun tambahan tangan dan kaki jika tidak memungkinkan akan ditambahkan sebagai tonjolan tangan atau kaki yang ukurannya tidak mencolok.
Contoh boneka figur buah-buahan


>Sayuran
Boneka bentuk figur sayuran hampir sama dengan buah-buahan. Boneka dengan figur ini berfungsi juga untuk pengenalan anak terhadap macam-macam sayuran.

Contoh boneka figur sayuran

4. Benda bernyawa
Tidak hanya makhluk hidup yang dapat dijadikan boneka, benda mati pun dapat dijadikan boneka. Figur benda mati yang dijadikan boneka juga ada, agar menjadi bentuk figur diberi mata dan hidung atau wajah seperti makhluk hidup. Meskipun ada benda-benda yang tanpa wajah dibuat boneka tetapi boneka-boneka bentuk benda tersebut tidak menjadi sebuah figur.

Contoh boneka figur benda




No comments:

Post a Comment