Wednesday, February 10, 2016

Kolase Jerami

Membuat lukisan dengan teknik kolase dipelopori oleh Pablo Picasso yang menempelkan potongan kertas dalam lukisannya. Kolase merupakan kegiatan menempelkan material pada bidang karya untuk dijadikan karya hiasan dua dimensi. 
Kegiatan membuat kolase dengan hasil yang artistik dapat dilakukan dengan cara sederhana untuk anak-anak. Bahan seperti jerami merupakan bahan yang murah dan mudah didapat.

Cara membuatnya yaitu:
Siapkan alat dan bahan seperti gunting, lem kayu, kuas, kardus bekas, kain Blaco, alat tulis serta jerami.
Gunting

Gunting yang digunakan bisa gunting apa saja, jika perlu cutter juga boleh digunakan untuk mengiris kardus yang ukurannya memang tebal. Gunting digunakan untuk menggunting kain Blaco dan bahan jerami yang akan ditempel.
Lem kayu

Lem yang akan digunakan adalah lem kayu putih, lem ini berwarna putih dan jika kering akan berwarna bening sehingga tidak kelihatan.
Kuas murah
Fungsi kuas disini adalah untuk mengambil lem agar tangan tidak kotor. Kuas yang digunakan kuas yang murah saja.
Kardus bekas
Kardus yang digunakan boleh dari kardus apa saja asalkan memiliki ukuran yang lebar agar bidang tempel juga lebar. Kelebihan dari bahan kardus di sini yaitu murah, mudah didapat, kaku tetapi ringan dan mudah dipotong. Potonglah kardus sesuai dengan ukuran yang diinginkan kemudian dilapisi dengan kain Blaco.
Kain Blaco 
Kain yang digunakan sebenarnya boleh kain apa saja asalkan warnanya polos dan dapat ditempelkan pada kardus. Lapisan kain ini hanya sebagai dasaran gambar dan memberi kesan artistik saja. Tempelkan kain Blaco pada kardus yang telah dipotong, jangan lupa rapihkan pada bagian tepi-tepinya dengan cara melipatnya ke belakang. Kain ini dapat ditempel ke kardus menggunakan lem kayu, tunggu hingga kering.

Sementara itu ambilah jerami kering dan pisahkan daun jerami dengan malainya. Lembaran-lembaran daun jerami juga bisa dipipihkan terlebih dahulu dengan cara disetrika. Caranya jerami diapit oleh kertas, setelah itu baru disetrika hingga gepeng. Bentuk jerami yang gepeng akan lebih mudah ditempel dibanding yang menggembung. Akan tetapi bentuk-bentuk jerami yang akan ditempel terserah dari si pembuat, bentuk bagaimana yang diinginkan agar telihat lebih artistik.
Jerami kering

Membuka Malai jerami

Memipihkan jerami dengan setrika
Menggunting jerami

Buatlah sketsa gambar pada bidang kardus yang telah dilapisi dengan kain Blaco. Sketsa ini berfungsi untuk memandu jerami yang akan ditempel. Sebaiknya sketsa dibuat menggunakan alat tulis pensil agar dapat dihapus dan goresannyapun lebih tipis.
Alat tulis
Tempelah potongan jerami pada sketsa gambar yang telah dibuat. Tunggu hingga kering.

Kegiatan ini sangat cocok diperuntukan anak sesusia sekolah dasar dan dapat dijadikan sebagai bahan ajar praktek berkarya seni rupa. Penempelan jerami sebagai karya kolase merupakan tindakan lanjutan dari sket gambar yang telah dibuat anak.

Contoh karya kolase jerami sederhana:








1 comment: