Wednesday, August 10, 2016

Boneka dengan berbagai atribut

Boneka dengan bentuk makhluk hidup seperti manusia, tidak lepas dari atribut yang dikenakan. Tidak hanya baju tetapi juga aksesoris yang dikenakan. Atribut yang dikenakan mencerminkan informasi dari boneka tersebut misalnya dari mana asalnya, apa yang akan dia lakukan atau apa profesinya. Berikut adalah contoh-contoh boneka yang mengenakan berbagai atribut:
1. Boneka dengan atribut negara
Meksiko
Negara ini memiliki ciri khas topi berbentuk lingkaran dan memiliki kerucut pada bagian tengahnya. Biasanya warna khas yang sering tampak adalah warna cerah kuning, merah dan coklat. Perempuan menggunakan model baju sabrina menjadi ciri yang khas, pakaian dengan rok mengembang dan berlipat serta memiliki rambut ombak panjang dan diperlihatkan sebagai mahkota yang indah. Rambut ini biasanya diberi pengikat sesedikit mungkin untuk menunjukkan betapa indah rambut yang dimiliki. Boneka dengan ciri khas atribut tersebut sudah dapat dikenali bahwa sebagai identitas Meksiko.
India
Negara India memiliki pakaian khas tersendiri yaitu kain panjang yang dibalut-baut mengitari pinggang hingga kaki kemudian menjadi selempang pada pundak menjuntai ke bawah. Pakaian ini dipakai wanita, disebut dengan sari. Atribut yang dipakai orang India selain pakaian tradisional tersebut adalah aksesoris perhiasan seperti gelang tangan dan kaki, anting, dan hiasan rambut. Atribut yang paling menonjol pada boneka berstatus India adalah titik merah pada tengah antara kedua mata.
Belanda
Blanda merupakan negara Eropa yang sebagian besar menggunakan pakaian model rok mengembang, akan tetapi ada ciri khas yang berbeda yaitu yang menonjol pada topi segitiga yang digunakan oleh perempuan. Model rambut yang banyak terlihat adalah model kepang dua. Sesuai dengan warna benderanya, pakaian khas bernuansa biru laut.
China
Boneka dengan identitas China mudah dikenali dengan bentuk mata yang sipit dan warna kulit yang putih, tidak lupa juga dengan rambut yang berwarna hitam. Pada dasarnya bentuk fisik orang Cina memang seperti itu, akan tetapi atribut yang digunakan tidak begitu mencolok jika tidak menggunakan pakaian tradisional. Pakaian yang khas jaman dulu dari negara Chinapun sudah tidak digunakan lagi, yang ada adalah pakaian yang banyak digunakan pada masa peralihan modern. Model baju untuk wanita adalah baju terusan tidak memiliki lengan dan selalu memiliki belahan pada bagian bawahnya. Pada masa kini baju seperti ini masih banyak digunakan oleh orang-orang berkebangsaan China. Ciri khas lain adalah warna hoki yang digunakan adalah merah.


Hawai
Hawai sudah menjadi tempat terkenal untuk berlibur pantai, sehingga banyak orang tau bagaimana ciri khas Hawai. Boneka beratribut Hawai juga sudah ada dimana-mana berbagai negara. Boneka ini beratribut rok dengan bahan alami seperti rok orang pedalaman dengan bra dan tidak lupa gelang dan kalung bunga. Bunga seolah-olah menjadi atribut yang khas pada boneka Hawai.
Indonesia
Indonesia memiliki banyak sekali pakaian adat, sehingga tidak ada pakaian adat yang paling khas. Tidak banyak orang mengetahui bagaimana ciri khas orang dari negara ini karena Indonesia terdiri dari banyak kepulauan yang masing-masing memiliki baju adat yang berbeda-beda, sehingga boneka yang dapat dibuat untuk menunjukkan identitas dari negara ini hanyalah dari pakaian adatnya saja, itu pun tidak mencolok. Ini merupakan contoh pakaian adat dari Sumatera.
Jepang
Jepang, Kora dan China memiliki baju tradisional dengan bentuk kerah yang sama yaitu belahan V bertumpuk. Untuk negara Jepang, pakaian tradisionalnya memiliki pengikat pinggang yang lebih lebar dan besar. Pada bagian bawah juga memiliki ruang gerak kaki yang lebih sempit. Baju Kimono merupakan baju khas Jepang, sedangkan bunga sakura adalah bunga yang cukup populer di negara Jepang. Khasnya lagi adalah ketika boneka ini menggunakan sandal bakiak khas Jepang. Tidak hanya itu, atribut kipas dan bentuk sanggul khas Jepang juga menjadi atribut cukup mencolok. Macam-macam atribut tersebut pada masih banyak digunakan oleh masyarakat Jepang hingga masa kini dalam festival maupun acara-acara tertentu.
Skotlandia
Ciri khas dari Skotlandia adalah bajunya yang kotak-kotak ketika membawa alat musik bernama Bagpipe, dilengkapi juga dengan topi seniman di kepala. Orang dari negara ini juga biasa dengan rambut yang berwarna merah. Motif baju kotak-kotak adalah motif yang paling mencolok untuk menunjukkan identitas boneka dari Skotlandia.


2. Boneka dengan atribut kegiatan
Atribut boneka dengan pakaian yang dipakai saat kegiatan akan menunjukkan sedang apa boneka tersebut, apa yang sedang dilakukan. Boneka yang memiliki atribut kegiatan semacam ini biasanya digunakan dalam kegiatan mainan tertentu, akan tetapi tidak sedikit juga yang memaksakan untuk menggunakan boneka dengan atribut khusus pada permainan drama yang lain.
Atribut baju tidur
Atribut baju menari

Boneka dengan atribut kegiatan bisa juga menunjukkan profesi yang digeluti sehari-hari seperti boneka yang memakai baju dokter, guru, pegawa atau karyawan tertentu, dan lain sebagainya.
Atribut dokter
3. Boneka dengan atribut agama
Ada bermacam boneka yang memang bertema keagamaan atau hanya sekedar sebagai identitas agama saja. Boneka dengan atribut agama terdapat pada aksesoris maupun baju yang dikenakan.
Atribut kalung salib


Atribut baju muslim (jilbab)



Atribut baju muslim dengan cadar




2 comments:

  1. Boneka yang sangat menarik sekali gan, jadi ingin menciptakan kreasi seni dengan menggunakan lakban ni gan :)

    ReplyDelete
  2. boneka yang sangat bagus, kalau perlu bikin untuk gantungan cold storage gan, atau tidak untuk pendingin chiller dan freezer. Pasti banyak sekali yang tertarik melihatnya.

    ReplyDelete