Tuesday, August 30, 2016

Kerajinan: Membuat bunga dari kresek bekas

Berbeda dengan masa dulu, pembungkus berupa tas jenis kresek hanya memiliki warna hitam, yang besar memiliki motif garis-garis hitam putih, selebihnya tidak ada warna lain. Selanjutnya muncul kresek berwarna putih kemudian berlanjut banyak sekali terdapat banyak kresek dengan warna yang beraneka macam seperti masa sekarang ini. Macam-macam warna kresek yaitu hitam, putih, ungu, merah, biru, hijau, coklat dan sebagainya. Bahkan banyak kresek yang sudah beraneka motif dan paduan warna. Berikut ini salah satu contoh kresek dengan warna merah:
Banyaknya jumlah kresek yang telah terpakai tidak disadari menjadi sampah yang menumpuk di lingkungan sekitar. Kresek dengan beraneka macam warna ini dapat dimanfaatkan sebagai seni kerajinan salah satunya dibuat menjadi bunga yang indah. Caranya sangat mudah berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:
1. Siapkan kresek warna dengan kondisi yang kering dan bersih, lipat dengan rapi seperti pada gambar dibawah ini:

2. Potonglah kedua bagian kresek yang dugunakan sebagai pegangan, potong juga pada bagian pangkal kresek sehingga menjadi bentuk lipatan segi empat seperti pada gambar dibawah:



3. Lipat lagi kresek yang sudah dipotong menjadi beberapa kali.



4. Ikat pada bagian tengah dengan menggunakan sisa pegangan kresek yang telah terpotong.

5. Potong dengan bentuk melengkung seperti kelopak bunga pada kedua ujung sisi lipatan kresek.

6. Buka lipatan kresek tanpa membuka ikatan pada bagian lipatan sehingga menjadi kumpulan kelopak bunga.



7. Tekuk kedua sisi kumpulan kelopak bunga sehingga menjadi sebuah bunga yang utuh.

8. Sematkan pada bagian tangkai bunga, lengkapi dengan daun dan vas bunga. Jumlah bunga dapat ditambahi sesuai dengan selera.

Bunga ini mirip sekali dengan bunga sepatu yang memiliki tumpukan kelopak bunga yang banyak. Biasanya berwarna merah muda dan merah.

No comments:

Post a Comment