Monday, January 25, 2016

Berbagai Macam Boneka yang Terbuat dari Bahan Alami

Banyak sekali boneka-boneka modern yang telah dibuat dari berbagai bahan buatan, bahkan telah dilengkapi perekam suara atau alat penggerak jarak jauh, akan tetapi di masa kini masih banyak juga boneka yang masih dibuat dengan menggunakan bahan alami. Meskipun bahannya tidak sebagus dan secanggih boneka modern namun boneka yang terbuat dari bahan alami memiliki masing-masing karakter sendiri yang unik dan menarik. Berikut berbagai macam boneka yang terbuat dari bahan alami:
1. Boneka terbuat dari Kulit Jagung
Kulit Jagung didapatkan dari tanaman Jagung pada bagian kulit buah. Pada bagian ini terdapat rambut Jagung dan Kulit yang memiliki tekstur kasar. Kedua bagian tersebut bisa digunakan dalam pembuatan boneka.

Tanaman Jagung

Jagung



Boneka dari kulit Jagung


Langkah membuat boneka kulit jagung:
Kulit Jagung

Disusun saling tumpuk kemudian ditali

Ujung kulit Jagung ditarik membalik menutupi seluruh pangkal tali kemudian ditali lagi untuk membentuk kepala boneka

Siapkan kulit Jagung lain ukuran lebih kecil untuk tangan

Siapkan tangan diantara badan boneka di bawah kepala kemudian ditali untuk membentuk pinggang
Tambahi kulit Jagung lagi pada kanan kiri kepala untuk membentuk pundak boneka
Potong ujung badan kulit jagung untuk menyesuaikan panjang badan boneka.
Boneka ini dapat divariasi dengan menambahkan aksesoris lain lagi
Membuat boneka dari film 12 Years a Slave



2. Boneka terbuat dari Pelepah Pisang
Pelepah Pisang adalah bagian batang tanaman Pisang yang terdapat pada batang pohon. Pelepah Pisang mengelilingi batang pohon membungkus berlapis-lapis dan biasanya bagian paling luar berwarna coklat karena mengering alami. Akan tetapi untuk membuat boneka pelepah Pisang yang digunakan harus benar-benar kering maka perlu dikeringkan terlebih dahulu. Pembuatan boneka dari pelepah Pisang adalah dengan cara membentuk boneka menggunakan kerangka maupun tidak, perekat yang digunakan bisa memakai lem kayu maupun lem tembak.
Tanaman pohon Pisang

Pelepah pisang

Boneka dari Pelepah Pisang

3. Boneka terbuat dari Jerami
Boneka yang terbuat dari jerami bisa menggunakan jerami Gandum atau Padi. Jerami yang digunakan tentu saja adalah jerami kering, cara membuat boneka ini ada yang dengan diikat-ikat ada pula yang ditempel pada kerangka boneka menggunakan lem.
Sawah tanaman Padi


jerami setengah kering

Jerami kering


 

Boneka Jerami

Boneka wayang dari Jerami basah

Cara membuat boneka dari jerami menggunakan botol bekas:
http://abbeart.blogspot.co.id/2016/01/membuat-boneka-dari-jerami.html

4. Boneka terbuat dari Akar Wangi
Boneka Akar Wangi terbuat dari tumbuhan jenis rumput yang akarnya sangat wangi sehingga tumbuhan ini dinamakan Akar Wangi. Pada tumbuhan ini yang diambil adalah akarnya untuk dijadikan boneka.
Tanaman Akar wangi

Akar Wangi baru diambil

Akar Wangi dipisahkan dari daunnya

Aneka boneka dari Akar wangi

 Karena terbuat dari Akar Wangi sehingga ketika dicium bonekanya pun tercium wangi.
Mencium boneka Akar wangi


Boneka Akar Wangi

5. Boneka terbuat dari Serbuk Kayu
Serbuk kayu umumnya didapatkan dari tempat penggergajian kayu, lebih banyak didapatkan dari penggergajian kayu yang menggunakan mesin. Biasanya serbuk kayu tidak digunakan lagi oleh para pengolah kayu, bahan inilah yang dapat dikatakan bahan murah dan alami karena biasanya diberikan cuma-cuma. Serbuk kayu ada yang dalam bentuk serbuk besar dan ada yang dalam bentuk serbuk lembut. Untuk membuat boneka bisa menggunakan keduanya atau bahkan campuran keduanya.

Serbuk Kayu

Serbuk kayu yang digunakan untuk membuat boneka dapat dibentuk menggunakan campuran lem kayu sebagai sebuah adonan kemudian dibentuk boneka menggunakan cetakan. Perkembangan dari boneka ini yaitu boneka ini disertai dengan kantong benih yang disertakan pada bagian dalam kepala boneka sehingga ketika disiram setiap hari muncul tumbuhan yang menjulang ke atas tampak sebagai rambut.

Boneka dari serbuk kary

6. Boneka terbuat dari Daun
Daun singkong adalah daun yang berasal dari tanaman ubi singkong. Tanaman ini memiliki batang yang panjang, memiliki ubi yang berada di dalam tanah dan memiliki daun yang menjari berwarna hijau. Biasanya daun singkong memiliki batang daun berwarna hijau mentah atau hijau kemerahan, sedangkan lembaran daunnya sendiri berwarna hijau dengan serat daun yang mudah dilihat. Ukuran lembar daunnya kira-kira seluas telapak tangan dan panjang tangkai daunnya 10 sampai 20 cm.
Tanaman Singkong
Daun Singkong

Daun singkong ini dapat dibuat boneka sederhana dengan memanfaatkan serat tangkai daun yang cukup tebal. Boneka daun singkong ini dapat dimainkan dengan menggerak-gerakan tangan dan badan boneka. Di bawah ini adalah contoh boneka daun singkong dengan figur manusia:
Boneka Daun Singkong

Selain boneka tersebut, daun Singkong juga bisa dibuat boneka wayang dengan ukuran mini. Caranya dengan memanfaatkan tangkai daun yang dianyam sederhana sebagai pembentuk tubuh atau kerangka badan. Kemudian bisa ditambahkan lagi tangkai daun berikut dengan daunnya sebagai gaun. Boneka ini berbentuk seperti wayang Golek yang juga bisa dimainkan.
Kerangka Boneka

Boneka Wayang Golek

Membuat boneka Wayang Golek

Memainkan Boneka dari Daun Singkong



7. Boneka terbuat dari Rumput
Rumput yang digunakan untuk membuat boneka adalah rumput kering yang tidak mudah rapuh yaitu rumput yang panjang dan memiliki serat yang kuat. Rumput ini dibuat boneka dengan cara dianyam sederhana sesuai dengan karakter yang dinginkan. Ukuran rumput yang sempit dan ramping memanjang dapat dimanfaatkan dalam pembentukan boneka yang detail. Cara membuat boneka ini adalah dengan dianyam sesuai karakter boneka yang dinginkan.
Rumput
Boneka dari Rumput

8. Boneka terbuat dari Kulit Telur
Kulit telur yang digunakan untuk membuat boneka adalah cangkang telur yang memiliki bentuk hampir bulat utuh. Sebailnya kuit telur yang digunakan tidak memiliki tingkat kerusakan yang tinggi sebab yang dimanfaatkan dalam pembentukan boneka ini adalah bentuk asli telur yang oval atau bulat. Pada umumnya kulit telur oval ini dibuat boneka dengan menjadikan kulit telur sebagai kepala boneka. Hanya dengan menambahkan gambar wajah saja sudah menjadi boneka. Ada beberapa jenis boneka yang memang hanya menampilkan kepala saja. Penambahan aksesoris pada telur akan mempercantik tampilan boneka yang dinginkan.
Telut

Kulit telur




Boneka dari Telur Ayam


9. Boneka terbuat dari Kerang
Boneka yang terbuat dari kerang biasanya diambil dari kerang-kerang yang sudah tidak ada isinya. Kerang ini tidak diolah seketika tetapi dibersihkan dahulu dengan cara disikat kemudian diberi cairan pemutih agar warnanya kembali bersih. Setelah itu baru bisa disusun membentuk boneka, caranya menyusun dengan menggunakan lem.
Kerang

Boneka dari Kerang


10. Boneka terbuat dari Kayu
Boneka yang terbuat dari kayu biasanya tidak mudah dibuat karena bahannya yang keras dan ukurannya cukup besar dari bahan aslinya. Boneka kayu biasanya diproduksi dalam jumlah banyak oleh seorang produsen yang memiliki alat untuk mempermudah pengolahan kayu. Kayu yang digunakan untuk membuat boneka dapat dari kayu apa saja tergantung keinginan si pembuat. Produsen yang memproduksi kerajinan boneka kayu biasanya memberi finishing boneka dengan pelitur atau cat kayu.
Kayu


Kerajinan boneka kayu


11. Boneka terbuat dari Batu
Bahan boneka dari batu memang sangat murah tetapi untuk membuatnya susah-susah gampang. Batu yang digunakan tidak harus batu kali (batu sungai), tetapi bisa menggunakan batu-batu lainnya yang bentuknya memang bagus untuk dijadikan boneka. Keunggulan dari batu sungai untuk membuat boneka adalah teksturnya lebih halus dari pada batu lainnya tetapi kebanyakan batu kali berbentuk bulat saja. Membuat boneka dari batu hanya membutuhkan batu yang sudah kering dan dibersihkan gunanya agar lem bisa menempel, mata mainan, lem keras misalnya lem Alteco, serta aksesoris-sksesoris untuk hiasan boneka. Sebuah boneka bisa terdiri dari satu saja batu atau lebih dari satu batu dengan merekatkannya dengan batu lain. Cara membuatnya cukup dengan menyusun bahan-bahan yang disiapkan hingga menjadi bentuk yang sesuai. Lebih baik dalam menyusun batu diutamakan batu yang besar berada paling bawah agar boneka dapat berdiri lebih kokoh karena batu memiliki berat. Lebih jauh lagi, batu-batu ini bisa dilukis dengan menggunakan cat poster atau cat kedap air sehingga warnanya lebih indah dan menarik. Aksesoris bisa menggunakan benang, pita, kain, kertas dan sebagainya.
Batu

Alat dan bahan Boneka batu

Boneka Batu


12. Boneka terbuat dari Anggota Badan Manusia
Boneka dari anggota badan manusia maksudnya adalah anggota badan manusia yang masih hidup bukan manusia yang telah mati. Membuat boneka seperti ini sangat sederhana, hanya bermodalkan anggota badan dan sebuah alat tulis bolpoin. Meskipun menggunakan sepidol juga bisa akan tetapi mudah luntur. Yang paling efektif adalah menggunakan pen jenis drawing pen karena tingkat kecilnya garis bisa membuat gambar boneka lebih detail. Cara membuatnya yaitu cukup mencoret-coretkan gambar wajah dan aksesoris pada anggota badan saja kemudian hanya cukup menggerak-gerakkannya saja. Biasanya yang paling mudah adalah pada bagian jari, tangan atau kaki.
Anggota tubuh manusia - Tangan

Aneka macam alat tulis Bolpoin




Boneka dari bagian tubuh Jari tangan


Boneka dari bagian tubuh Jari kaki

Boneka dari bagian tubuh tangan

Body Painting tangan


Boneka bayang-bayang dari tangan


2 comments:

  1. Sangat brmanfaat, trima kash infofmasinya :)

    ReplyDelete
  2. handcraft di atas apakah di jual masal ?
    saya tertarik sekali dengan hasilnya
    kalau anda berkenan berbincang hub saya di aasouvenirmurah@gmail.com

    ReplyDelete