Monday, January 18, 2016

Perbedaan Boneka dan Patung

Boneka merupakan kerajinan seni rupa tiga dimensi berupa patung, sedangkan patung sendiri merupakan bentuk karya seni rupa tiga dimensi. Karya seni patung ada yang berupa patung murni (tidak difungsikan kecuali sebagai hiasan) dan ada yang berupa kerajinan patung.
Karya seni patung murni

Seni kerajinan bukan merupakan luapan emosi pribadi seorang seniman yang dicurahkan melalui karya seni. Seni kerajinan biasanya diproduksi dalam jumlah banyak dan diperjual belikan (adanya unsur komersil). Seni kerajinan wujudnya dapat berupa kerajinan patung, kerajinan ukir, kerajinan keramik dan sebagainya. Adapun karya seni murni yang diperjual belikan (di lelang) tetap dapat disebut dengan karya seni murni karena asal muasalnya dibuat oleh seniman tidak untuk dijual.
Macam dari kerajinan patung contohnya adalah patung untuk cinderamata, boneka, plakat berbentuk patung dan lain-lain.
Kerajinan patung sebagai cinderamata

Macam dari kerajinan ukir contohnya adalah kursi ukir, meja ukir, hiasan dinding ukiran kaligrafi (yang diperjual belikan), cermin ukir, dan lain-lain.
Kerajinan ukir wadah bertutup

Kerajinan ukir hiasan dinding

Macam dari kerajinan keramik contohnya adalah vas bunga, souvenir miniatur keramik, peralatan makan porselen seperti gelas, piring, cangkir dan lain-lain.
Kerajinan keramik porselen

Kerajinan keramik gerabah

Macam dari kerajinan anyam contohnya adalah keranjang anyam, kursi anyam, tampah, dan lain-lain.
Kerajinan anyam bambu

Kerajinan anyam Eceng Gondok

Seni patung murni yang berwujud boneka dalam instalasi tidak disebut dengan boneka sebab perwujudannya dibuat semata-mata sebagai luapan emosi sang seniman. Boneka yang berasal dari kerajinan kemudian disertakan dalam seni patung instalasi merupakan bagian dari seni instalasi itu sendiri sehingga tidak memiliki fungsi lain lagi kecuali sebagai bagian dari instalasi.
Contoh instalasi yang terdapat patung bentuk boneka di dalamnya:
Instalasi bentuk boneka

Contoh boneka yang disertakan dalam sebuah karya instalasi:
Boneka dalam instalasi



No comments:

Post a Comment