Sunday, January 31, 2016

Setiap komponen kurikulum seni rupa merupakan subsistem kurikulum seni rupa

Kurikulum seni rupa memiliki komponen-komponen yang terdiri dari tujuan, bahan ajar,metode dan evaluasi. Keempat komponen ini merupakan subsistem dari kurikulum seni rupa, karena tersusun struktural menjadi sebuah sistem yaitu sistem kurikulum seni rupa. Sistem adalah perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. Dalam kurikulum seni rupa ini tidak dapat dipisahkan antara komponen satu dengan komponen yang lainnya, apabila ada tujuan, bahan ajar, dan metode tetapi tidak ada hasil maka tidak akan berjalan begitu pula dengan komponen yang lainnya, apabila ada satu komponen saja yang bermasalah maka komponen lain akan ikut bermasalah. Inilah kenapa komponen kurikulum seni rupa merupakan subsistem dari kurikulum seni rupa.

Sebagai ilustrasi yaitu misalnya dalam kurikulum terdapat bahan ajar menggambar bentuk dengan tujuan siswa dapat menggambar bentuk tiga dimensi, kemudian bahan ajar adalah materi menggambar bentuk dengan teknik arsir, metode yang digunakan adalah metode ceramah dan evaluasi yang digunakan adalah pertanyaan tertulis. Dapat dilihat bahwa metode dalam kurikulum ini kurang sesuai dengan bahan ajarnya karena tidak cocok materi menggambar bentuk jika hanya digunakan dengan metode ceramah saja maka anak tidak akan bisa mendapatkan hasil yang maksimal karena kurang mengerti. Inilah yang kemudian tidak akan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, demikian pula dengan komponen yang lain apabila tidak ada sinkronansi satu dengan yang lainnya maka sistem kurikulum seni rupa itu tidak akan berjalan dengan lancar. Oleh karena itu masing-masing komponen harus saling berkaitan agar sistem kurikulum seni rupa tidak rusak/kacau, keterkaitan inilah yang merupakan ciri dari subsistem kurikulum seni rupa.

Sumber:
-(Nana Sudjana: Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah)

-(PC. S. Ismiyanto: GBPP-Silabus, RPP, dan Handout MATA KULIAH KURIKULUM & BUKU TEKS PENDIDIKAN SENI RUPA)

No comments:

Post a Comment