Tuesday, January 26, 2016

Wujud Boneka

Berdasarkan wujudnya boneka terdiri daru dua wujud yaitu boneka dua dimensi dan boneka tiga dimensi.
1. Boneka dua dimensi
Boneka dua dimensi merupakan boneka yang hanya dapat dilihat (dinikmati) dari satu sisi saja, biasanya boneka seperti ini bentuknya semacam lempengan bahan yang bergambar boneka atau sosok figur tertentu. Boneka dua dimensi ada yang bisa digerakkan ada juga yang tidak bisa digerakkan. Boneka yang tidak bisa digerakkan yaitu boneka yang tidak memiliki alat gerak seperti tali, persendian atau lipatan. Sedangkan boneka dua dimensi yang tidak bisa digerakkan hanya bisa digerakkan dengan tangan manusia sendiri.
Dalam hal ini boneka dua dimensi memang terkesan seperti hanya sebuah gambar akan tetapi tidak semua gambar merupakan boneka dua dimensi. Boneka dua dimensi sengaja dibuat khusus untuk bisa dimainkan dan sengaja akan digerak-gerakkan, sedangkan gambar boneka hanyalah gambar tidak sengaja dibuat sebagai permainan boneka.
Contoh boneka dua dimensi yaitu:
Boneka orang-orangan kertas
Boneka ini terbuat dari gambar-gambar figur yang terdapat pengait kertas pada bagian pundak dan baju boneka. Pengait kertas ini hanya berupa potongan kecil untuk menyelipkan baju pada figur boneka. Cara memainkan boneka ini adalah dengan menggerak-gerakkan orang-orangan kertas kesana kemari dan mengganti perkakas yang dipakai oleh boneka. Boneka orang-orangan kertas ini tergolong murah karena bahannya yang terbuat dari kertas. Ukuran dari boneka orang-orangan kertas ini cukup kecil, perfigurnya hanya setinggi jari tangan orang dewasa.
Boneka Orang-orangan kertas

Boneka orang-orangan bermagnet
Boneka ini bentuknya seperti gambar figur saja tetapi lebih tebal karena terdapat lapisan magnet dibaliknya. Fungsinya adalah untuk menempelkan baju atau aksesoris boneka seperti tas dan sepatu agar tidak lepas sehingga seolah-olah boneka ini memakai sungguhan. Cara memainkan boneka ini sama seperti memainkan boneka orang-orangan kertas.
Boneka orang-orangan bermagnet

Boneka wayang kertas
Boneka ini mirip dengan miniatur dari wayang tetapi tidak digunakan untuk pertunjukan wayang sungguhan. Ada boneka kertas yang hanya terdiri dari kertas saja yang ketebalannya berbeda-beda tergantung dari kertas yang dipakai, ada pula yang dilapisi lagi dengan triplek atau bahan tertentu agar lebih tebal atau lebih kuat.
Boneka wayang kertas ada yang tampilannya hanya diberi tongkat pada pangkalnya kemudian dimainakn dengan memegang tongkat tersebut, ada pula yang disertai dengan persendian pada boneka sehingga tongkat lebih banyak untuk menggerakkan persendian boneka, ada pula yang tidak bersendi tetapi boneka kertas memiliki bentuk figur yang lebih jelas pada tepi-tepinya serta berongga atau berlubang.
Boneka wayang kertas tanpa persendian


Boneka wayang kertas dengan persendian

Boneka wayang kertas yang berlubang dan bentuknya potongannya sangat jelas tersebut dimainkan dengan cara diberi cahaya agar tampak jelas bayang-bayang yang muncul. Cara memainkan boneka ini sama persis ketika memainkan wayang sungguhan akan tetapi ceritanya bisa saja bukan cerita wayang.Kebanyakan boneka wayang kertas untuk anak-anak isi cerita dan tokoh-tokohnya bukan tentang wayang tetapi lebih kepada figur-figur manusia atau kartun yang lucu-lucu dan lebih familiar kepada anak.
Boneka wayang kertas bayang-bayang

2. Boneka tiga dimensi
Boneka tiga dimensi merupakan boneka yang dapat dilihat (dinikmati) dari segala arah seperti halnya benda patung. Boneka tiga dimensi memiliki volume atau ruang. Boneka seperti ini lebih banyak bisa dijumpai ketimbang boneka dua dimensi. Boneka tiga dimensi karena bentuknya lebih nyata lebih menarik dan macamnya lebih bervariasi dibandingkan dengan boneka dua dimensi.
Tidak semua benda patung bisa disebut dengan boneka tiga dimensi, beberapa benda yang berbentuk boneka ada yang tidak dijadikan sebagai boneka. Benda tiga dimensi yang disebut boneka adalah benda yang memang sengaja diciptakan sebagai boneka.
Jenis dari boneka tiga dimensi sangatlah banyak, bahan yang digunakan pun juga sangat beragam. Berikut beberapa contoh boneka tiga dimensi:
Boneka tiga dimensi kain

Boneka tiga dimensi keramik

Boneka tiga dimensi porselen

Boneka Origami




1 comment: