Saturday, January 30, 2016

Kreativitas Anak dalam Seni Rupa

Kreativitas mempunyai peran yang sangat penting dalam hidup manusia, manusia kreatif dapat memberi kontribusi terhadap pembangunan, untuk meningkatkan kwalitas hidup baik secara individu, masyarakat atau bangsa pada umumnya. De Francesco, 1958 (dalam Tocharman, Maman, et al. 2006) menyatakan bahwa
"Pendidikan seni mempunyai kontribusi terhadap pengembangan individu antara membantu pengembangan mental, emosional, kreativitas, estetika, social dan fisik. Aspek kreativitas mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Apalagi di masa pembangunan ini, orang yang berdaya kreatif sangat dibutuhkan guna mengembangkan ide-ide yang konstruktif yang akan membantu pemerintah dan masyarakat dalam memajukan kehidupan dan berkebudayaan".
Pembinaan kreativitas perlu diberikan pada siswa sedini mungkin, dengan membekali berbagai kemampuan (skill) sebagai bekal kecakapan hidup untuk mampu dikembangkan pada saat mereka membutuhkan penghidupan. Pendidikan seni rupa di sekolah dengan tuntutan ranah apresiasi dan kreasi merupakan wahana dalam memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kreativitas dirinya. Kreativitas dalam seni ditinjau dari unsur nilai ekstrinsik dan instrinsik seni, karena wujud seni mencakup dua aspek tersebut.
Seberapa besar kreativitas anak dalam berkarya seni rupa dapat dilihat melalui sebuah indikator. Berikut merupakan indikator-indikator yang ditulis oleh Affandi (2004: 35), indikator dalam penilaian seni rupa anak meliputi:
  1. Indikator tingkat kreativitas, meliputi:
    1. Keanekaragaman unsur-unsur motif, objek, figur, dan warna
    2. Kebaharuan dan keaslian tampilan
    3. Kemampuan penataan komposisi unsur-unsur.
  2. Indikator tingkat kebebasan berekspresi, meliputi:
    1. Ketegasan dalam garis dan warna
    2. keberanian dalam mengorganisasi unsur-unsur
  3. Indikator tingkat keterampilan teknik, meliputi
    1. Keindahan/ kebagusan hasil karya sesuai dengan media yang digunakan
    2. Kecermatan dalam penyelesaian.


1 comment:

  1. Terimakasih kak, postingannya sangat membantu (Y)
    kalau saya boleh tanya, pendapat Affandi (2004: 35), tentang indikator dalam penilaian seni rupa anak itu judul bukunya apa ya kak? Ada ngga kak PDF nya?
    Makasih kak..

    ReplyDelete