Wednesday, March 25, 2020

Konsep Seni: Pengertian seni

1. Menurut Ensiklopedia Indonesia, seni meliputi penciptaan dari segala hal atau benda yang karena keindahan bentuknya, orang senang melihatnya atau mendengarnya.

2. Menurut Akhdiat Karta Mihardja, seni adalah kegiatan rohani manusia yang merefleksikan realitas dalam suatu karya yang, berkat bentuk dan isinya, mempuyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohani penerimanya.

3. Menurut Plato, seni ialah peniruan terhadap alam, sehingga karya seni merupakan tiruan bentuk alam seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Aristoteles menambahkan bahwa peniruan terhadap alam itu harus ideal, dan serba baik, misalnya menggambar bentuk harus gagah dan cantik.

4. Ki Hajar Dewantara berpendapat bahwa seni merupakan perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah, sehingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia.

Dari beberapa definisi seni tersebut, bias disimpulkan bahwa seni atau kesenian merupakan bagian dari kebudayaan, yaitu gagasan manusia yang diekspresikan melalui pola kelakuan tertentu sehingga menghasilkan karya yang indah dan bermakna. Dengan demikian, wujud kesenian ada tiga, yaitu : 

a. Pengetahuan, gagasan, nilai – nilai yang ada pada pikiran manusia;

b. Pola kelakuan tertentu untuk mewujudkan gagasan;

c. Hasil kelakuan yang berupa karya seni.

1 comment:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete