a.Implementasi Tahapan Design Thinking dalam Proses Pembuatan Maket/Prototipe/Sketsa
Pada tahap ini, guru memfasilitasi dan membimbing siswa untuk mengimplementasikan konsep dan tahapan Design Thinking dalam menghadapi isu-isu aktual yang dipilih oleh siswa. Secara terstruktur, siswa menyusun rumusan dari tahapan-tahapan Design Thinking berdasarkan masalah yang akan diatasinya di bawah bimbingan guru. Siswa akan mencatat prosesnya dalam laporan tertulis.
b.Praktek Pembuatan Maket/Prototipe/Sketsa
Praktek pembuatan maket/prototipe/sketsa dilakukan berdasarkan dokumen laporan tertulis yang sudah dilakukan sebelumnya. Pada bagian ini para siswa akan memperoleh pengalaman belajar secara konkret.
Pendekatan membuat sketsa dapat dilihat di beberapa sumber bacaan berikut ini:
b.1. Sketsa
Sketsa adalah gambar yang bersifat cepat yang menampilkan garis-garis besarnya saja, yang tidak dimaksudkan sebagai hasil akhir dari suatu karya. Sketsa juga dapat diartikan sebagai rancangan, denah, bagan dan semacamnya. Pembuatan sketsa tergolong murah dan cepat, sehingga segera mendapatkan umpan balik dari hasil uji publik.
Gambar 8.1 Sketsa atau mock-up dengan menggunakan gambar atau ilustrasi.
Karya koleksi www.ganara.art (2021)
b.2. Papan cerita
Storyboard adalah suatu sketsa gambar yang disusun secara berurutan sesuai naskah cerita, dengan storyboard maka pembuat cerita dapat menyampaikan ide cerita secara lebih mudah kepada orang lain.
Storyboard juga dapat di artikan sebagai naskah yang disajikan dalam bentuk sketsa gambar yang berurutan, berguna untuk memudahkan pembuatan alur cerita maupun pengambilan gambar.
Gambar 8.2. Sketsa atau mock-up dengan menggunakan gambar atau ilustrasi.
Karya koleksi www.ganara.art (2021)
b.3.Prototipe 1:1
Prototipe dengan skala 1 banding 1 merupakan model yang dibuat menyerupai hasil akhirnya, dengan ukuran, bentuk dan bahan yang menyerupai, namun dimasukkan sebagai prototipe awal karena masih terbuka ruang untuk perbaikan jika dirasa masih ada yang kurang saat uji coba publik. Setelah membuat sketsa dan storyboard, siswa dapat membuat prototipe final ini.
Gambar 8.3. Sketsa atau mock-up dengan menggunakan gambar atau ilustrasi.
Karya koleksi www.ganara.art (2021)
C.Uji Publik
Kegiatan uji publik akan dilakukan setelah laporan tertulis dan praktik telah diselesaikan oleh siswa. Pada sesi ini mereka berhati-hati untuk berpikir kritis dan berkomunikasi kepada publik. Namun pada unit pembelajaran 8 ini siswa hanya diperkenalkan dengan beberapa pendekatan uji publik yang detail pelaksanaannya pada Unit Pembelajaran 10 dan saat Ujian Akhir Semester Genap Kelas X.
gok gok
ReplyDeletesmek ma es
ReplyDeleteAlief☝️??
ReplyDeletejembut
ReplyDeleteturuk
ReplyDelete👉🏻👌🏻
ReplyDeletePusay
ReplyDeleteSaru
ReplyDeleteMy name is tompo
ReplyDeleteGg
ReplyDeleteSleeeebeww
DeleteRaaaaaaaaaaawwwrrr 🦖
DeleteStres kabeh
ReplyDelete-admin
gok gok gok gok gok
ReplyDeleteCuntel
ReplyDeleteAyo kwn
ReplyDeletemisteri jembut kuntilanak
ReplyDelete