a. Menentukan Alat, Bahan dan Teknik untuk Membuat Karya Dua Dimensi
Memilih bahan dan bahan yang terdapat di lingkungan sekitar rumah dan sekolah untuk membuat karya dua dimensi. Pemilihan bahan dan bahan dapat dilakukan oleh masing-masing siswa.
b. Merealisasikan Konsep Karya Dua Dimensi dengan Alat, Bahan dan Teknik yang Dipilih
Untuk merealisasikan konsep karya dua dimensi, sebagai alternatif pilihan siswa dapat menggunakan kegiatan membuat Mandala. Dalam bentuk paling dasar, Mandala merupakan kumpulan lingkaran dalam sebuah bujur sangkar dan mengelilingi titik pusatnya. Umumnya Mandala dibuat di atas kertas atau kain dengan cara digambar atau diukir.
Mandala mengandung makna simbol meditatif. Mandala dapat dijangkau dalam dua cara. Pertama dalam konsep eksternal sebagai perlambang visual tentang alam semesta dan ke dua dalam konsep internal sebagai panduan berbagai aktivitas kebudayaan Asia seperti meditasi.
Esensi Mandala sebagai salah satu bentuk seni yaitu untuk melatih kesabaran dan keterampilan dalam menyusun bentuk dari bidang geometri yang simetris, melatih menemukan siswa dalam memanfaatkan elemen dari benda-benda di sekitar dan memanfaatkan kerja kelompok sehingga dapat menjadi sarana melatih eksperimen proses berkarya.
Gambar 5.1. Mandala menggunakan bahan alam sekitar
Karya Koleksi www.ganara.art (2020)
Sumber: buku guru Kurilulum Operasional Sekolah SMK PK KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAN PERBUKUAN PUSAT KURIKULUM DAN PERBUKUAN
No comments:
Post a Comment