Friday, May 18, 2018

Curving paper manual

Ada jenis curving paper yang dibuat dari pabrik atau alat khusus ada pula curving paper yang dibuat menggunakan cara lama (manual).
Curving paper dapat dilakukan sendiri di rumah anda. Memang tidak mudah ketika membayangkan melubangi kertas dengan ukuran kecil sebanyak itu, akan tetapi jika sudah mendapatkan hasilnya akan menjadi kepuasan tersendiri. 
Bahan dan alat
Bahan yang akan digunakan tentu saja menggunakan kertas, tetapi tidak semua kertas dapat dicurving dengan mudah. Ada beberapa jenis kertas yang sangat susah untuk dicurving, misalnya kertas yang memiliki serat keras, serat bersambungan, atau jenis-jenis kertas yang memiliki campuran bahan yang akan menyusahkan kita saat dicurving. Jangan menggunakan kertas berminyak, jangan juga menggunakan kertas yang teralu tebal karena akan menyusahkan akan menambah ketebalan curvingan.
Contoh kertas yang dapat kita gunakan yaitu kertas HVS, kertas asturo, kertas lipat, kertas bufalo, kertas sket, kertas gambar, kertas majalah, kertas amplop, dan lain sebagainya. Warna yang akan kita curving dapat kita pilih sendiri, satu warna atau lebih, atau dapat juga di desain dengan gambar dan warna tertentu terlebih dahulu baru setelah itu dicurving.

Alat yang digunakan untuk curving paper sangat sederhana, hanya menggunakan cutter atau jenis alat tajam lain yang anda kuasai misalnya pisau, silet, pemes, dan sebagainya. Sebaiknya alat yang digunakan tajam dan tidak berkarat untuk memudahkan dalam proses mengcurving. 
Ketika mengcurving, anda dibebaskan dalam teknik, tidak perlu dengan satu arah, bolak-balik, ataupun melingkar, semua itu tergantung dari motif yang akan anda lubangi. Latihan beberapa kali pada motif berbeda dan sama juga diperlukan untuk melatih kemampuan anda dan mengasah kemampuan anda.

Langkah-langkah dalam membuat curving paper secara manual
1. Siapkan bahan dan alat.
2. Buatlah gambar pada bahan kertas dengan menggunakan sket maupun cetak digital.
3. Lubangi kertas dengan menggunakan alat tajam dengan sangat hati-hati.
Lamanya pengerjaan curving paper ini dapat melatih kesabaran dan kejelian mata anda. Hasil yang indah akan menjadi obat kelelahan dan apresiasi bagi orang lain. 
Contoh curving paper

Pengerjaan otodidak untuk curving semacam ini memerlukan waktu sekitar dua hari (tidak fullday).

Keuntungan dari curving paper secara manual adalah motif dan gambar dapat ditentukan sendiri, warna dan tema dapat didesain sendiri setelah atau sebelum dicurving.
Jenis curvingan juga menggunakan bentuk-bentuk/motif bebas tergantung dari kelihaian anda.

4. Hasil curving paper dapat dikombinasikan dengan bermacam bahan atau difinishing dengan bermacam cara. Misalnya dicelup dengan warna, diberi aksesoris glitter, manik-manik ataupun dipadukan dengan gambar, paper quilling atau seni kertas yang lain.


No comments:

Post a Comment