Saturday, July 16, 2016

Boneka Barbie

Boneka Barbie telah ada sejak tahun 1959. Boneka Barbie adalah produksi perusahaan Mattel Inc. yang memang merupakan perusahaan mainan di negara Amerika Serikat. Boneka Barbie pertama muncul dan dirilis adalah pada tanggal 9 Maret 1959 di acara American International Toy Fair di New York dan sampai sekarang tanggal tersebut diperingati sebagai ulang tahun Barbie. Bahkan gambar kartun barbie juga ditanyangkan di beberapa TV.

Barbie pertama yang dirilis oleh perusahaan Mattel Inc.
Awalnya boneka Barbie terinspirasi dari anak perempuan Ruth Handler yaitu pemilik perusahaan mainan Amerika Serikat. Anaknya yang kala itu sudah berusia 5 tahun masih harus memainkan boneka kertas yang diperuntukkan bagi bayi.
Barbie bisa dikatakan sebagai re-make dari boneka sejenisnya bernama Bild Lilli yang merupakan adaptasi dari kartun yang sedang populer di Jerman. Pada tahun 1964, perusahaan mainan Amerika Serikat membeli seluruh saham boneka Bild Lilli dan menghentikan produksinya.
Ada banyak versi novel yang menceritkan kehidupan Barbie. Dimulai dari riwayat hidupnya sampai dengan kehidupan percintaannya. Barbie dikisahkan sebagai wanita tercantik di kotanya dan ada banyak pria yang jatuh hati padanya. Namun, akhirnya seorang pria bernama Ken yang akhirnya bisa menaklukkan hatinya. Diceritakan juga bahwa hubungan Barbie-Ken mengalami putus-sambung. Barbie bersama dengan boneka Ken yang adalah kekasih Barbie seperti yang diceritakan di novel-novel dan film yang diperankan oleh tokoh fiktif Barbie.
Ada banyak kontroversi juga yang mengikuti perkembangan boneka barbie. Dimulai dari konsep kecantikan yang ditunjukkan oleh boneka barbie membuat banyak anak perempuan mengalami anoreksia karena menginginkan bentuk tubuh seperti Barbie. 
Barbie dengan versi pakaian Lingerie yang menuai kontroversi.

Barbie kulit hitam dan kulit putih dirilis pada tahun 2010 berjudul 'Barbie Back to Basics'. Barbie ini menuai kontroversi karena semua Barbie dalam satu set tersebut dikenakan rok mini dan payudaranya dibentuk bulat sempurna dan bahkan menyembul keluar dari pakaian mereka.

Selain itu, bahkan banyak anak perempuan yang rela berdandan seperti Barbie dan bahkan mengoperasi wajah serta tubuh mereka.
Manusia mirip dengan boneka Barbie, lihat:
http://abbeart.blogspot.co.id/2016/02/manusia-yang-mirip-dengan-boneka.html

No comments:

Post a Comment