Sunday, July 17, 2016

Perlunya Pemahaman Terhadap Karakteristik Gambar Anak


Proses belajar dan mengajar yang perlu diperhatikan guru adalah proses yang berorientasi pada kebutuhan anak didik, merangsang anak didik agar berkembang rasa ingin tahunya, berkembang kemampuannya dalam mengemukakan pendapat atau gagasan, serta berkembang inisiatif dan imajinasi anak. Kegiatan menggambar merupakan sarana yang tepat dalam mengembangkan imajinasi dan kreativitas. Untuk itu guru harus memiliki pemahaman karakteristik gambar anak agar dapat memberi arahan dan penilaian yang tepat.
Gambar anak TK
Gambar merupakan coretan yang paling mudah untuk mengungkapkan sesuatu dalam bentuk dua dimensi. Media gambar seperti kertas dan alat tulis pun sangat mudah di dapatkan dan di gunakan oleh anak. Dari pada pengungkapan melalui kata-kata dan cerita, gambar akan lebih menarik dan mudah bagi anak. Mudahnya pengungkapan melalui gambar ini memiliki potensi yang lebih besar untuk mengetahui apa yang di ekspresikan anak, untuk itu sebagai orang tua dan guru sebaiknya memahami karakteristik gambar anak.
Sebagai contoh, ketika anak sedang merasa sedih akan mengambarkan kesedihannya dalam gambar-gambar tertentu, namun karena kurangnya perhatian orang tua gambar tersebut terabaikan begitu saja padahal belum tentu anak mau menceritakan apa yang dirasakan. Simbol-simbol yang dibuat sang anak akan membantu orang tua untuk menemukan permasalahan anak dalam hatinya.
Pada kasus lain terdapat beberapa orang tua yang menginginkan perkembangan motorik anaknya berkembang dengan baik, melalui gambar salah satunya. Sebagai orang tua perlu mengetahui karakter gambar anak pada usia-usia tertentu. Hal ini untuk menentukan apakah anak tersebut memiliki tingkat kecerdasan normal, atau di atas rata-rata atau di bawah rata-rata dimana orang tua justru hanya menjudge anak tersebut tidak berbakat.
Lihat:
http://abbeart.blogspot.co.id/2016/01/penggolongan-gambar-anak-berdasarkan.html
http://abbeart.blogspot.co.id/2016/01/ciri-ciri-gambar-anak-berdasarkan.html

No comments:

Post a Comment