Tuesday, July 21, 2020

Definisi Budaya

Seni tidak hanya tercipta dari imaginasi dan gagasan sang pencipta. Hal-hal yang berasal dari luar diri pencipta, diantaranya realitas dan fenomenal sosial yang terjadi di masyarakat. Segala sesuatu yang yang terjadi dalam masyarakat dan telah mengajar erat kaitannya dengan istilah budaya.

Dalam KBBI istilah budaya memiliki empat pengertian yaitu pikiran, akal budi, adat istiadat, sesuatu mengenail kebudayaan yang sudah berkembang dan sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan dan sukar diubah. Istilah budaya berasal dari bahasa sansekerta yakni buddhi bermakna akal budi manusia. Dalam bahasa inggris terdapat istilah culture bermakna nilai dan norma social yang dapat ditemukan dalam masyarakat.

Pengertian budaya menurut para ahli:
1. Menurut Cicero, kebudayaan merupakan hasil pengolahan jiwa dan pemikiran manusia yang digunakan untuk mengembangkan masyarakat.
2. Menurut Edward S.Casey, kebudayaan merupakan hal yang terlahir dalam masyarakat yang mendiami suatu wilayah tertentu dan dijadikan identitas yang dapat dipertanggungjawabkan oleh masyarakat itu sendiri.
3. Menurut Koentjaraningrat, budaya adalah keseluruhan suatu system gagasan, tindakan, serta hasil karya manusia dalam kehidupan.
4. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, kebudayaan adalah hasil cipta, rasa, dan karya manusia
5. Menurut E.B.Taylor, kebudayaan adalah kesatuan kompleks yang terdiri atas ilmu pengetahuan, seni, adat istiadat, hukum, dan budi pekerti yang dimiliki manusia dalam suatu komunitas masyarakat.

Berdasarkan pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa kebudayaan merupakan suatu cara hidup yang bersumber dari akal budi manusia, dijadikan identitas dan hak milik, serta diwariskan secara turun-temurun dalam suatu masyarakat.


Sumber: Sugiyanto. 2017. Seni Budaya untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga.

1 comment:

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~ :))

    ReplyDelete