Tuesday, July 21, 2020

Nilai Seni

Karya seni hanya dapat berarti sebagai karya seni bagi orang yang melihat, mendengar atau membacanya sesuai dengan kepribadian dan selera setiap orang. Nilai-nilai tersebut yaitu:
1. Nilai kehidupan
Yaitu nilai-nilai yang adad alam kehidupan manusia dan bersifat mendasar sesuai hakikat serta cita rasa manusia yang ditampilkan dalam media seni. Contohnya adalah ide kemerdekaan, kebaikan, keadilan yang terwujud dalam sebuah lukisan atau lagu.

2. Nilai pengetahuan
Nilai pengetahuan dalam sebuah karya seni bermakna suatu karya seni dapat memberikan ilmu dan pemahaman baru bagi para penikmatnya. Contohnya nilai pengetahuan terwujud melalui karakteristik tata budaya atau adat kebiasaan dalam masyarakat.

3. Nilai keindahan
Nilai keindahan dalam seni berhubungan erat dengan perasaan manusia. Kehidupan hanya merupakan salah satu di antara banyak hal yang dicoba untuk diwujudkan oleh seni.

4. Nilai bentuk
Nilai ini menyebabkan seorang pengamat menikmati atau mendapat kepuasan dari ciri-ciri indrawi yang disajikan oleh suatu karya seni. Nilai bentuk menyebabkan seorang mengagumi bentuk besar dan bentuk kecil.

5. Nilai kepribadian
Nilai kepribadian mempunyai pengertian bahwa setiap karya seni memiliki kepribadian tersendiri yang membedakannya dengan bentuk karya seni lainnya. Suatu karya seni menggambarkan kepribadian atau ciri khas pembuatnya, serta lingkungan yang mempengaruhi penciptaan karya tersebut. Contohnya bentuk dan arsitektur rumah adat di Indonesia yang berbeda dengan bentuk dan arsitektur bangunan Eropa kuno.

Sumber : Sugiyanto. 2017. Seni Budaya untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga.

1 comment:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.ME (k)
    add Whatshapp : +85515373217 x-)

    ReplyDelete