Tuesday, July 21, 2020

Kriteria Berkarya Seni

Tahap-tahap kegiatan berkarya seni:
1. Mengamati
Pada tahap ini sorang seniman atau creator akan melaksanakan pengamtan terhadap realitas internal kehidupan spiritualnya. Hal ini sangat mungkin berkenaan dengan cita-cita, emosi, nalar, intuisi, gairah, kepribadian, dan pengalaman-pengalaman lain yang sudah atau sedang dialami seniman tersebut.

2. Menanyakan
Pada tahap ini sorang seniman atau creator akan menanyakan pada dirinya sendiri mengenai pengalaman mana yang paling berkesan dan mendesak untuk diekspedisian melalui kegiatan berkarya seni. Tahap ini juga dikenal dengan subject matter.

3. Mencoba
Pada tahap ini sorang seniman atau creator akan mencoba menerka wujud atau visi visual dari karya yang akan ia hasilkan. Bentuk karya seni yang akan dihasilkan dapat berupa bentuk figurative (menyerupai bentuk alamiah), semi figurative (bentuk yang telag mengalami distorsi atau perubahan), atauppun non figurative (tidak lagi menggambarkan sisi alamiah melainkan sisi atau bentuk abstrak).

4. Menalar
Pada tahap ini sorang seniman atau creator akan menganalisis kekuatan dan kelemahan dari sketsa-sketsa yang telah dibuat.Tolok ukur dari sudah selesainya suatu karya seni atau belum adalah tingkat kepuasan yang dialami oleh seniman saat membuatnya.

5. Menyajikan
Menyajikan memiliki pengertian yang berbeda-beda tergantung dari jenis karya ysng diciptakan. Contohnya setelah membingkai karya, pelukis akan menulis ringkasan konsep dan deskripsi visual serta membuat label keterangan yang memuat judul, tahun penciptaan, media yang digunakan, ukuran lukisan, nama pelukis, dan foto karya lukisan.


Sumber : Sugiyanto. 2017. Seni Budaya untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga.

1 comment:

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~ :))

    ReplyDelete