Tuesday, July 21, 2020

Fungsi Seni

Menurut The Liang Gie dilihat dari mediumnya , suatu karya seni mempunyai nilai indrawi yang menyebabkan seorang pengamat menimati atau memperoleh kepuasan dari ciri-ciri indra yang disajikan oleh suatu karya seni. Berdasarkan ketentuan tersebut fungsi Seni dikatagorikan menjadi tujuh yaitu:

1. Fungsi Religi atau Keagamaan
Contohnya seni dalam bentuk kaligrafi, desain busana muslim/Muslimah, serta lagu-lagu rohani. Seni dalam upacara adat contohnya seni gamelan (gamelan luwang, angklung, dan gambang) dalam upacara ngaben di Bali.

2. Fungsi Pendidikan
Contohnya music ansambel yang di dalamnya terdapat unsur kerjasama. Penggunaan alat music angkulng dan gamelan pun membutuhkan unsur kerjasama, social dan disiplin.  Fungsi seni dalam bentuk ilustrasi gambar juga dapat ditemukan pada buku pelajaran, film/documenter, poster, lagu anak-anak dan alat peraga.

3. Fungsi Komunikasi
Seni dapat digunakan sebagai media komunikasi pada penyampaian kritik social, gagasan dan kebijakan serta promosi yang bertujuan memperkenalakn produk pada masyarakat. Contohnya terwujud dalam bentuk poster, reklame, atau iklan di media cetak atau elektronik.

4. Fungsi Rekreasi atau hiburan
Seni banyak diaplikasikan pada aspek hiburan untuk menghilangkan kejenuhan, dapat ditemukan dalam berbagai bentuk seni baik visual, audio, maupun audiovisual.

5. Fungsi Artistik
Seni yang berfungsi sebagai media ekspresi seniman dalam menyajikan karyanya tidak digunakan untuk kebutuhan komersial seperti music kontemporer, tari kontemporer, dan seni rupa kontemporer. Seni pertunjukan seperti ini tidak bisa dinikmati oleh pengunjung saja tapi hanya hanya bisa dinikmati oleh para seniman dan komunitas tertentu.

6. Fungsi Guna (Seni Terapan)
Karya seni terapan merupakan karya seni yang penciptaannya berfokus pada kegunaannya. Meskipun berfokus pada nilai guna tetapi tidak melupakan sisi artistic dan estetika yang lazim ditemukan dalam sebuah karya seni. Contohnya adalah perkakas rumah   tangga yang bernilai guna tinggi tapi juga menarik dari segi tampilan.

7. Fungsi Kesehatan (Terapi)
Dalam pengobatan bagi penderita penyakit degenerative misalnya dementia dan Alzheimer, autism dan gangguang psikologis music sering kali digunakan dalam sesi terapi. Siegal (1999) dalam temuannya, gelombang alfa yang dihasilkan music klasik dapat memberi efek menenangkan dan merangsang system limbic jaringa neuron otak. Sementara itu menurut Gregorian, music gamelan dipercaya dapat mempertajam pikiran.


Sumber : Sugiyanto. 2017. Seni Budaya untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga.

1 comment:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.ME (k)
    add Whatshapp : +85515373217 x-)

    ReplyDelete