Tuesday, July 21, 2020

Fungsi Budaya dalam Kehidupan Masyarakat

1. Mempersatukan masyarakat
Suatu budaya terlahir dalam suatu masyarakat dan mewakili realitas serta pemikiran yang berkembang di dalam masyarakat itu sendiri. Budaya di sepakati oleh anggota masyarakat karena adanya kesamaan rasa dan pemikiran seluruh anggota masyarakat, oleh sebab itu budaya berfungsi mempersatukan masyarakat.
Contohnya pada masyarakat yang hidup di daerah agraris terdapat budaya mengungkapkan rasa syukur atas hasil panen melimpah yang diwujudkan dalam upacara adat: Upacara Seren Taun (Jawa Barat), Upacara Penti (Manggarai, NTT).
Contoh lain yaitu budaya Pawai Ogoh-ogoh (mayarakat Hindhu, Bali) dilaksanakan dengan mengarak patung raksasa untuk membersihkan hal-hal negative sehari sebelum hari raya Nyepi. Hal ini membuat masyarakat hindhu di Bali bersatu.

2. Memenuhi kebutuhan dasar masyarakat
Budaya dengan segala urusannya merupakan alat untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.
Contohnya manusia akan sulit berkomunikasi tanpa bahasa, tanpa adanya kesenian manusia akan mudah stress dan kehilangan semangat hidup, tanpa adanya pengetahuan manusia akan sulit memahami hal-hal di sekitarnya, tanpa adanya teknologi manusia akan sulit menyelesaikan sesuatu, tanpa adanya system kemasyarakatan kondisi social akan kacau dan saling bertikai, tanpa adanya system ekonomi manusia akan sulit memenuhi kebutuhan hidup.

3. Mendorong perubahan dalam masyarakat
Budaya adalah hal kompleks dan membawa pengaruh besar bagi masyarakat. Budaya bersifat dinamis dan sangat bergantung pada perkembangan zaman.. Perubahan budaya terjadi yang memerlukan waktu yang cukup panjang dan bertahap biasanya terjadi pada perubahan yang disengaja atau direncanakan. Sedangkan perubahan yang terjadi secara singkat biasanya diakibatkan oleh faktor alam misalnya bencana alam. Bencana alam yang melanda suatu daerah dapat merusak tatanan masyarakat yang telah berlangsung sebelumnya di daerah tersebut.
Contohnya dalam bidang ekonomi, sejak adanya mata uang masyarakat diharuskan membeli menggunakan uang. Dalam bidang transportasi berdasakan perkembangan teknologi adanya transportasi berbasis online membuat meningkatnya permintaan masyarakat akan ponsel pintar. Dalam bidang kesenian masyarakat didorong untuk terus mengembangkan kreativitas seni baru misalnya aliran music yang baru.


Sumber : Sugiyanto. 2017. Seni Budaya untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga.

1 comment:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.ME (k)
    add Whatshapp : +85515373217 x-)

    ReplyDelete