Friday, February 26, 2016

Boneka dalam instalasi

Instalasi merupakan seni rupa tiga dimensi yang dibuat dari susunan bahan yang dibuat sedemikian rupa dan memiliki makna. Instalasi biasanya terdapat dalam pameran. Ada beberapa instalasi yang menggunakan bahan seperti boneka. Berikut adalah salah satu contoh instalasi yang dibuat dari boneka barbie.
Instalasi ombak

Perth, Australia. Anette Thas merupakan seorang seniman yang juga memiliki hobi berselancar. Ia membuat instalasi ombak barbie bersal dari inspirasi deburan ombak. Karya ini menghabiskan 3000 buah boneka barbie bekas dengan tinggi tiga meter. Waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan boneka ini sebanyak sembilan bulan. Ia mengaku berkeliling toko mainan di seluruh penjuru negeri untuk mengumpulkan boneka-boneka barbie bekas tersebut.
Boneka barbie dalam replika ombak

Idenya ini bermula ketika ia menyadari bahwa boneka barbie bisa membawanya bernostalgia dengan masa kecil. Selain itu, boneka barbie dinilai mampu menggambarkan kecantikan seorang wanita dengan baik. Sedangkan bentuk ombak dipilih karena ia memiliki hobi berselancar.
"Ini merupakan karya pertamaku yang bisa membuatku mengenang masa kecil," ungkap Anette. "Aku menggunakan barbie karena boneka itu memiliki pesan tentang imej kecantikan ideal seorang wanita."
Ombak barbie miliknya ini kemudian dipamerkan dalam sebuah kompetisi seni yang diselenggarakan oleh Sculpture By The Sea Exhibition di Perth. Berkat karyanya yang luar biasa, Anette berhasil menjadi jawara kompetisi ini dan berhak atas hadiah uang sebesar USD 4.500 (sekitar Rp 51 juta). Ia berencana akan memamerkan ombak barbienya ini di beberapa kota lainnya seperti pantai Bondi di Sydney, Australia.

No comments:

Post a Comment