Wednesday, February 10, 2016

Boneka dari kertas

Untuk membuat boneka, salah satu bahan yang dapat digunakan adalah bahan kertas. Bahan kertas yang dapat dibuat bonekapun juga banyak jenisnya, berikut macam-macam boneka yang terbuat dari kertas:

1. Boneka wayang kertas dua dimensi

Boneka orang-orangan dari potongan kertas ada yang berupa boneka wayang kertas bertongkat ada pula yang tidak.
Boneka orang-orangan kertas
Boneka wayang kertas bertongkat


2. Boneka wayang kertas tiga dimensi

Boneka semacam ini prinsipnya sama dengan membuat boneka tangan, terdapt ruangaan yang dapat dimasuki tangan.
Boneka wayang kertas tiga dimensi

4. Origami

Origami (折り紙, dari ori yang berarti “lipat”, dan kami yang berarti “kertas” merupakan seni tradisional melipat kertas yang berkembang menjadi suatu bentuk kesenian yang modern. Boneka origami ada yang dapat digerakkan dengan menarik-narik kertas ada pula yang tidak.


Bermacam boneka origami



5. Papercraft

Papercraft merupakan seni kerajinan boneka kertas yang proses pembuatannya dengan melipat-lipat kertas menjadi sebuah boneka yang memiliki ruang. Papercraft berbeda dengan seni origami, origami adalah seni lipat kertas tanpa kerangka sedangkan papercraft memiliki kerangka dan pola lipat yang sudah direncanakan. Bentuk dasar papercraft sebelum dilipatpun sangat berbeda dengan origami. Selain itu papercraft memiliki volume yang lebih tampak karena lebih besar, sedangkan pada origami volume yang terlihat hanyalah kesan atau tumpukan lipatan saja.
Boneka papercraft

No comments:

Post a Comment