Sunday, December 13, 2020

Perasaan Keindahan


Manusia memiliki kemampuan untuk merasakan dan mengindra segala sesuatu yang ada di sekitarnya, sehingga merasakan senang/gembira, takut, sedih, dan sebagainya.

1. Kontemplasi dan Ekstansi

Kontemplasi adalah suatu proses bermeditasi, merenungkan atau berpikir penuh dan mendalam untuk mencari nilai-nilai, makna, manfaat dfan tujuan atau niat suatu hasil penciptaan. Ekstansi bertujuan untuk merasakan dan menikmati sesuatu yang indah. Kontemplasi merupakan factor pendorong untuk menciptakan keindahan, sedangkan ekstansi factor untuk merasakan, menikmati keindahan. Jika kedua unsur ini digabungkan akan tercipta penilaian yang indah. 

2. Nilai Ekstrinsik dan Nilai Intrinsik

Nilai estetika pada suatu karya seni dibedakan menjadi dua yaitu nilai subjektif dan nilai objektif. Namun penggolongannya dibedakan menjadi dua bagian yaitu:

a. Nilai ekstrinsik

Yaitu sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana pendukung untuk hal lain (instrument/contributory). Contohnya adalah bentuk puisi yang terdiri atas bahasa, diksi, dan baris yang saling mendukung satu sama lain.

b. Nilai intrinsik

Yaitu nilai yang dimiliki suatu benda dalam dirinya sendiri atau nilai yang melekat pada suatu benda atau makhluk. Contohnya pesan pada puisi yang ingin disampaikan pada pembaca melalui puisi itu sendiri.

3. Batasan tentang Keindahan

Karya seni tidak hanya terbatas pada wujud ungkapan atau ekspresi dari emosi. Meskipun tiap karya seni adalah wujud nyata dari suatu ungkapan ekspresi, tidak setiap ungkapan ekspresi pada karya seni memiliki arti keindahan. Ungkapan emosi merupakan ekspresi yang berasal dari naluri manusia, seperti berteriak marah, sedih yang berasal dari kesakitan dan luapan kegembiraan. Ungkapan emosi tersebut tidaklah termsuk dari wujud kesenian, dan bukan termasuk dalam estetika. Aktivitas kesenian adalah aktivitas yang sudah terkonsep dan disengaja berkaitan dengan mencipta, Menyusun, serta  berhubungan dengan kebudayaan.



Sumber : Sugiyanto, dkk. 2017. Seni Budaya untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga.


No comments:

Post a Comment