Tuesday, December 29, 2020

Motivasi Berkarya Seni

Di balik berbagai kegiatan yang dilakukan oleh manusia, tersimpan suatu motivasi. Motivasi dapat diartikan sebagai hal yang mendorong manusia untuk melakukan sesuatu. Motivas juga dapat ditemukan pada kegiatan berkarya seni. Motivasi dalam kegiatan berkarya seni sangatlah beragam, yakni sebagai berikut. 

1 . Motivasi komunikasi, yakni dorongan yang muncul dalam diri seniman untuk menyampaikan pesan dan maksud tersirat kepada masyarakat melalui karya seni yang diciptakannyac Seperti yang telah disinggung sebelumnya, suatu karya seni muncul sebagai bentuk perwujudan antara ide yang berasal dari dalam diri seniman dan pengaruh dari luan Bagi seniman yang kesulitan untuk menyampaikan Pemikiran dan gagasannya atas suatu isu, karya seni dapat menjadi media yang tepat untuk menyampaikan pemikiran tersebut. Dengan motivasi komunikasi, seniman akan mencíptakan karya dengan pesan yang akan dipahami oleh masyarakat, baik secara tersurat maupun tersirat. 

2. Motivasi ekspresi, yakni dorongan yang muncul dalam diri Seniman untuk menciptakan karya sebagai wujud ekspresi diri. Apabila seniman berhasil menuangkan ekspresi, ia akan merasakan sensasi katarsis. Katarsis sendiri dapat dimaknai sebagai pelepasan diri seseorang dari segala ketegangan dan beban yang ada di dalam dirinya, atau petampiasan, Motivasi ekspresi akan mendorong seniman dalam menghasilkan karya yang tidak hanya sarat dengan nilai-nilai individual, tetapi juga nilai-nilai universal. 

Gambar 8. 1 1 Motivasi ekspresi yang terwujud melalui instalasi tanah liat berbentuk tas.

3. Motivasi estetis, yakni dorongan dan keinginan untuk menciptakan suatu karya seni yang indah secara otonom atau tidak dikaitkan dengan aspek kehidupan lainnya. Motivasi estetis mendorong seniman untuk menciptakan suatu karya seni murni yang membawa pengalaman keindahan, baik bagi seniman itu sendiri maupun bagi masyarakat yang menikmati karya-karyanya. 

4. Motivasi praktis, yakni dorongan dari dalam diri seniman untuk menciptakan karya seni yang tidak hanya indah, tetapi juga bernilai guna tinggi. Motivasi praktis menjadi landasan terciptanya berbagai bentuk karya seni terapan. Dengan motivasi praktis, seniman akan tertantang untuk menciptakan karya seni yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi tidak meninggalkan sisi estetisnya. 

5. Motivasi spiritual, yakni dorongan dari dalam diri seniman untuk menciptakan karya seni sebagai sarana menuju konsep kebahagiaan hidup sesuai anjuran keagamaan. Motivasi spiritual mendorong munculnya berbagai bentuk karya seni yang bercorak keagamaan, seperti desain bangunan candi dan tulisan kaligrafi.

6. Motivasİ ekonomi, yakni doronqan unluk menciptakan karya seni yang dapat diquınakan unluk Jilemcnuhi kebutuhan hidup. Suatu karya seni yang indah atau bernilai guna tinggi akan nıenggerakkan masyarakat untuk membeli karya seni tersebut. Melalui hasil penjualan karya seni, seniman penciptanya akan memperoleh pendapatan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Gambar 8.12 Motivasi praktis dan ekonomis yang terwujud melalu
i desain bangku dan kursi dari kayu.

7. Motivasi sosial, yakni dorongan untuk menempatkan karya seni sebagai sarana atau alat untuk memperbaiki tatanan atau nilai-nilai yang melenceng dalam kehidupan bermasyarakat. Melalui motivasi ini, suatu karya tidak hanya berfungsi secara estetis ataupun fungsional, tetapi juga sebagai sarana kritik atas suatu isu yang terjadi dalam masyarakat. Suatu karya yang dihadirkan sebagai bentuk kritik sosial akan membawa pengaruh besar, baik bagi seniman penciptanya maupun masyarakat yang menikmati karya tersebut. Contohnya dapat dilihat dalam bentuk syair lagu yang bernada kritik bagi pemerintah ataupun desain grafis pam pakaian yang bernada provokatif.




Sumber : Sugiyanto, dkk. 2017. Seni Budaya untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga.

2 comments:


  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~ :))

    ReplyDelete
  2. Bagaimana Anda menemukan inspirasi baru untuk berkarya seni, terutama jika Anda merasa kehabisan ide? salam : https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/information/id/215.html

    ReplyDelete