Tuesday, December 29, 2020

Berani Berkreasi dengan Cara Baru

Pengembanqkan karya seni sangat membutuhkan kreativitas dati penciptanya. Kreativitas akan menghasilkan seni memilikı kualitas estetis baik. Kreativitas seniman dalam menciptakan karya seni meliputi kemampuan untuk menciptakan karya seni baru dan belum pernah ada sebelumnya seita kemampuan untuk memvariasikan atau membuat kreasi baru dari karya seni Yang telah ada sebelumnya. Ungkapan kreativitas seniman akan terus bekembang sesuai dengan perkembangan budaya. Seniman yang kreatif akan selalu berusaha melahirkan ide, sikap, konsep, dan pandangan baru, serta tidak pernah puas dengan ide yang telah ada sebelumnya. Proses kreatif dalam melahirkan ide baru dimulai dengan proses berpikir dan berimajinasi. Berpikir dan berimajinasi merupakan dua entitas yang tidak dapat saling dipisahkan. Dengan berpikir, seniman akan menemukan dan memahami suatu ide atau konsep baru. Dengan berimajinasi, ide yang tercipta akan menemukan bentuk yang unik, berciri khas, dan sesuai dengan perasaan seniman. 

Dalam era seni modern, kreativitas dilakukan dengan cara melahirkan bentuk yang benar-benar baru dan belum pernah ada sebelumnya. Contoh kreativitas yang Jahir dalam karya seni modern adalah munculnya berbagai corak seni patung, seni lukis, dan arsitektur yang sangat beragam. Gaya-gaya yang Pernah muncul adalah realisme, impresionisme, ekspresionisme, kubisme, ataupun abstrak.

 

Gambar 8.3 Lukisan karya Wassily Kandinsky yang bergaya abstrak biomorfis.

Kreativitas dalam seni rupa kontemporer terletak pada keberanian dan kemampuan seniman dalam mendaur ulang bentuk-bentuk seni yang telah ada sebelumnya dengan bentuk-bentuk seni barg. Penggabungan kedua bentuk seni tersebut menghasilkan apa yang dikenal sebagai ekletisme.

Penggabungan bentuk bentuk seni tidak hanya dilakukan pada bentuk seni latna dan baru, tetapi juga bentuk-bentuk seni tradisional. Contohnya adalah penggabungan tarian adat dari berbagai daerah di Indonesia yang menghasilkan bentuk karya seni baru, tetapi tidak kehilangan unsur-unsur akarnya. 

Kreativitas seniman dapat diaplikasikan pada bentuk-bentuk seni rupa dan seni terapan. Dalam bentuk seni rupa, kreativitas seniman dapat diwujudkan melalui pemilihan alat dan bahan yang tidak biasa dalam penciptaan karya seni. Pada bahasan sebelumnya, telah disinggung mengenai pembuatan lukisan dengan menggunakan teknik pembakaran obat nyamuk bakar dan rokok. Pembuatan lukisan dengan teknik tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak contoh kreativitas seniman saat ini. Contoh lainnya adalah instalasi yang menggabungkan seni patung dan seni suara yang membawa kesan barp bagi para penikmat seni masa kini.

 

Gambar 8.9 Instalasi patung keramik karya Arya Pandjalu yang menggabungkan seni patung dengan seni suara yang tercipta melalui instrumen mekanik yang diletakkan di belakang patung. 

Sementara itu, kreativitas seniman dalam bidang seni terapan dapat diwujudkan dalam bentuk kreasi seni arsitektur hingga seni grafis dan desain. Contohnya dapat ditemukan pada berbagai logo produk atau desain pakaian. Pada desain pakaian, sering kali seniman penciptanya menghasilkan gambar atau tulisan grafis yang dengan mudah menarik mata orang yang melihatnya, baik dari segi pemilihan kata yang menggelitik ataupun warna yang mencolok. Sementara itu, pada bidang arsitektur, seniman dapat menuangkan kreativitasnya dalam bentuk pemilihan material dan bentuk bangunan. Contohnya adalah kafe tematik yang dibangun dalam peti kemas at u bus tua atau kafe yang dibangun dengan banyak memasukkan elemen produk daur ulang pada interiornya. 

Meskipun diaplikasikan dalam bentuk seni yang berbeda, kreativitas seniman akan mengusung orisinalitas yang sulit untuk ditiru. Orisinalitas merupakan hal yang sangat penting karena menyangkut pengalaman seniınan dalam penciptaan suatu karya. Orisinalitas dan keinginan unluk tidak mengikuti arus ketika berkarya akan membawa pengalaman yarıg benar-benar baru dan sulit terlupakan, baik bagi seniman maupun penikmat karya seni yang bersangkutan.

  

8.10 Kreativitas seniman yang terwujud dalam bentuk desain yang disablon pada kaos.




Sumber : Sugiyanto, dkk. 2017. Seni Budaya untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga.


2 comments:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - GOPAY
    - Link AJA
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.ME (k)
    add Whatshapp : +85515373217 x-)

    ReplyDelete