Monday, December 21, 2020

Konsep Keindahan Seni Rupa Indonesia

  

Indonesia merupakan contoh negara yang menganut seni rupa Timur. Oleh şebab itu, banyak karya seni rupa Indonesia di masa lampau yang sarat dengan nilai spiritual dan religi. Contohnya adalah karya seni arsitektur dan seni rupa berupa aneka candi di Indonesia berikut arca-arca yang melengkapinya. Candi dan arca di Indonesia umumnya digunakan sebagai sarana ibadah dan pemujaan kepada dewa ataupun roh leluhur. Contoh lainnya adalah seni pertunjukan wayang kulit yang berkembang dari masa ke masa dan menjadi sarana penyampai kepercayaan, mulai dari animisme, ajaran Hindu dan Buddha, hingga ajaran Islam. 

Selain kental dengan sisi spiritual, konsep keindahan seni rupa di Indonesia juga menitik beratkan pada hubungan antara manusia dan alam sekitarnya. Harmoni antara alam dan manusia terwujud melalui banyaknya bentuk seni rupa di Indonesia yang memasukkan simbol alam. Contohnya adalah seni ukiran dan pahatan di Jawa dan Bali yang banyak memasukkan unsur flora, seperti bunga dan dedaunan. Media yang digunakan juga berasal dari alam, seperti kayu dari berbagai jenis pohon ataupun batu. 

Selain menonjolkan sisi spiritual dan harmoni dengan alam, bentuk seni rupa di Indonesia juga bersifat komunal. Maksudnya, bentuk dan hasil seni di Indonesia bukan hanya dianggap sebagai hasil kreativitas seniman, tetapi juga produk budaya masyarakat yang melatarbelakanginya. Akibatnya, hasil karya seni rupa di Indonesia banyak yang mencantumțan daerah asal untuk menunjukkan identitas masyarakat penciptanya, misalnya seni ukir Jepara, seni batik Pekalongan, atau seni reog Ponorogo. 

Berdasarkan uraian tersebut, terlihat bahwa di berbagai negara Yang mengikuti arus seni rupa Timur, bentuk seni rupa Yang dihasilkan adalah bentuk-bentuk yang bersifat esensial atau pokok, yaitu menonjolkan sisi spiritual dan religius. Selain itu, terdapat pakem-pakem tertentu di berbagai karya seni rupa Timur. Contoh pakem tersebut adalah seni lukisan Tiongkok yang sangat membatasi penggunaan warna, atau seni wayang di Indonesia yang menonjolkan simbol (misalnya penggunaan warna merah untuk menonjolkan karakter antagonis dalam wayang kulit). 

Jika dicermati secara mendalam, selain menonjolkan sisi esensial, bentuk karya seni rupa Timur juga selalu menampilkan ekspresi dan emosi dari penciptanya. Selain itu, karena kepercayaan banyak mementingkan nilai simbolik banyak karya seni lukis yang visualisasi pembentukannya lebih banyak mengungkapkan nilai-nilai yang selaras dengan bentuk seni dekoratif, yaitu pewarnaan yang tidak mengindahkan. Pencahayaan sehingga subjek atau figur-figur terlihat datar.



Sumber : Sugiyanto, dkk. 2017. Seni Budaya untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga.


1 comment:


  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q.ME
    paling diminati di Indonesia, ::))
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile :d
    Whatshapp : +85515373217 :* (f)

    ReplyDelete