Tuesday, October 12, 2021

Latihan Soal Pilihan Ganda materi: Eksplorasi Seni Budaya Nusantara & Resensi Karya Seni Nusantara

 1. Sebuah cara yang lazim digunakan oleh banyak orang dalam menciptakan suatu karya merupakan pengertian dari teknik…

a. kovensional

b. kontemporer

c. personal

d. terapan

e. khusus

2. Contoh teknik berkarya yang digunakan dalam bidang seni lukis adalah…

a. pahat, butsir, aquarellen

b. modeling, ukir, decalcomania

c. tempera, plakat, butsir

d. aquarellen, palat, tempera

e. modeling, merakit, butsir

3. Contoh penggunaan metode ilmiah dapat ditemukan dalam penciptaan…

a. kerajinan

b. lukisan

c. patung

d. tarian

e. lagu

4. Pencarian ide dengan menelusuri berbagai sumber, seperti media cetak dan internet, dilakukan pada tahap…

a. inovasi

b. proyeksi

c.eksplorasi

d. perwujudan

e. perancangan

5. Tujuan dari adanya langkah realisasi rancangan adalah…

a. mendapatkan data, alat, dan bahan, teknik, bentuk dan unsur estetis serta unsur ekstrinsik lainnya

b. menuangkan hasil analisis dalam bentuk visual dan dua dimensi (berbentuk gambar)

c. mewujudkan perancangan dalam bentuk model awal atau prototipe

d. mewujudkan prototipe ke dalam bentuk karya nyata

e. menggali berbagai sumber referensi dan informasi

6. Dorongan yang muncul dalam diri seniman untuk menyampaikan pesan dan maksud tersirat kepada masyarakat melalui karya seni yang diciptakannya dikenal dengan istilah motivasi…

a. estetis

b. ekewspresi

c. spiritual

d. ekonomi

e. komunikasi

7. Candi Borobudur merupakan karya seni yang tercipta berkat motivasi…

a. estetis

b. ekspresi

c. spiritual

d. ekonomi

e. komunikasi

8. Contoh karya yang tercipta sebagai penggabungan antara motivasi ekonomi dan motivasi praktis adalah…

a. perhiasan perak

b. lukisan abstrak

c. tugu peringatan

d. rumah ibadah

e. syair lagu

9. Kata resensi memiliki arti…

a. menghargai

b. menilai

c. menyadari

d. mengerti

e. memahami

10. Bentuk jalinan komunikasi antara seniman dan penikmat seni adalah…

a. esesnsi

b. kritik

c. resensi

d. dimensi

e. apresiasi

11. Hal-hal yang sangat penting dalam melakukan resensi seni meliputi…

a. ilmu pengetahuan, sifat terbuka dan kepekaan estetis

b. kecermatan, ilmu pengetahuan, dan kepekaan estetis

c. kecermatan, ilmu pengetahuan dan empati

d. empati, sifat terbuka, dan kepekaan estetis

e. sensitivitas, objektivitas, dan empati

12. Resensi pedagogik dapat dimaknai sebagai…

a. resensi yang ilmiah dan mendalam, serta dilengkapi dengan data-data dan hasilnya dapat dipertanggung jawabkan

b. resensi yang menggunakan media masa, seperti media cetak dan elektronik sebagai cara untuk meresensi

c. resensi yang kurang mendalam, bersifat spontan, dan tergantung sudut pandang orang yang melakukannya

d. resensi yang bersifat mendidik dengan tujuan meningkatkan kematangan dan estetis

e. resensi yang memperhatikan norma-norma yang berlaku di masyarakat

13. Resensi yang dilakukan secara spontan oleh para kritikus, pengamat, bahkan masyarakat setelah melihat sebuah karya seni tanpa sistematika tertentu merupakan pengertian dari resensi…

a. pedagogik

b. jurnalistik

c. popular

d. ilmiah

e. seni

14. Berikut yang bukan manfaat resensi karya seni adalah…

a. membantuk penikmat seni dalam memahamai makna tersirat dari suatu karya

b. menjadi wahana jembatan antara seniman dan publik

c. membuat nilai estetik karya seni berubah-ubah

d. refleksi seniman berkarya lebih baik

e. mendorong seniman lebih kreatif

15. Berikut yang bukan tahapan dalam resensi atau kritik seni adalah…

a. evaluasi

b. deskripsi

c. apresiasi

d. interpretasi

e. analisis formal


Kunci Jaawaban:

1. A

2. D

3. A

4. C

5. C

6. E

7. C

8. A

9. B

10. E

11. A

12. D

13. C

14. C

15. C



Sumber : Sugiyanto, dkk. 2017. Seni Budaya untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga.

No comments:

Post a Comment