Tuesday, August 30, 2016

Membuat Paper Mache

Pengertian Paper Mache
Papier mache berasal dari Bahasa Perancis lama yang bermaksud kertas yang dikunyah, menggambarkan bahan yang digunakan yaitu kertas yang telah dihancurkan sehingga lumat. Pengertian secara singkat, papier mache merupakan patung yang terbuat dari bubur kertas. Pembuatan papier mache ini termasuk dalam teknik patung modeling karena menggunakan bahan/ material plastis (mudah dibentuk) yaitu bubur kertas.
Sebenarnya membuat papier mache dapat menggunakan dua cara yaitu dengan menutup kerangka patung dengan bubur kertas atau dengan potongan-potongan kertas yang di olesi dengan lem kayu yang diberi air. 
  


Selain itu, kerangka dari papier mache tidak harus menggunakan kawat dan kasa, sapat menggunakan barang-barang bekas, serutan bambu ataupun tumpukan kertas yang dibentuk-bentuk kemudian diikat dengan kawat.

Alat dan Bahan yang dibutuhkan 
Alat:
-Gunting
-Tang
-Blender
-Baskom
-Ketas 
-Pensil dan penghapus
-Kuas

Bahan:
-Kertas bekas
-Lem 
kayu
-Air
-Kawat ukuran sedang
-Kawat bendrat
-Kasa
-Cat poster
-Accesories 


Langkah-langkah Membuat Paper Mache

1.Rancanglah bentuk patung papier mache yang akan dibuat, sketlah pada kertas dengan menggunakan pensil. Bentuk papier mache bisa non figuratif maupun figuratif.
Bentuk non figuratif merupakan bentuk-bentuk yang abstrak, sedangkan bentuk figuratif merupakan bentuk yang bisa bertolak pada manusia maupun hewan. Bentuk ini dapat distilisasi sesuai selera.

2.Siapkan kawat dan kasa sebagai kerangka untuk membuat objek yang sudah digambar.
Kawat dan kasa disesuaikan dengan kebutuhan, untuk membuat kerangka pokok agar patung berdiri tegak membutuhkan kawat yang ukuran besar. Untuk membuat bagian tangan gunakan kawat yang agak sedang ukurannya. Kemudian untuk merangkai / menyambung dapat mengguanakan kawat kecil atau biasa disebut kawat bendrat. Menyambung kawat hendaknya menggunakan tang, jangan memaksakan diri menggunakan tangan karena bisa melukai tangan.
Pada kerangka bodi patung sebagai tempat melekatkan bubur kertas menggunakan kawat kasa.
3.Setelah membuat kerangka langkah selanjutnya adalah membuat bubur kertas. Caranya yaitu rendam kertas koran selama satu malam. Esok paginya disobek kecil-kecil, kemudian kertas diblender. Cara memblender dengan mencampur kertas koran dan air, kemudian diblender. Setelah diblender kertas akan menjadi bubur, kemudian disaring untuk diambil buburnya. Bubur ini kemudian dicampur dengan lem kayu, tambahkan air untuk mengencerkan kembali.


4.Setelah bubur selesai dibuat kemudian ditempel ke kerangka sesuai model. Dalam menempel hendaknya sabar dan teliti, jangan tergesa-gesa. Setelah selesai kemudian diangin-anginkan, jangan sampai terkena sinar matahari langsung karena akan membuat patung menjadi retak.
  
5.Setelah patung kering kemudian diberi warna dengan cat poster dengan cara menguaskan cat poster pada permukaan patung.


6.Setelah selesai di beri warna kemudian patung di jemur agar kering.

7.Setelah kering, patung papier mache dapat ditambahi dengan accesorries bila suka, seperti ditambahkan mata, pita dan sebagainya untuk mempercantik patung.

Contoh-contoh papier mache




No comments:

Post a Comment