Monday, January 25, 2016

Bentuk Tampilan Boneka


Dalam hal ini bentuk tampilan boneka yang dibahas adalah boneka tiruan makhluk hidup seperti manusia hewan maupun tumbuhan. Tidak semua boneka menampilkan unsur lengkap dalam tubuhnya, ada beberapa jenis boneka yang tidak. Berikut contoh-contoh macam bentuk tampilan boneka berdasarkan kelengkapan tubuh:
1. Menampilkan seluruh bagian tubuh
Boneka yang sempurna adalah boneka yang menampilkan keseluruhan bagian tubuh boneka mulai dari tubuh, kepala, tangan hingga kaki.
Contoh boneka yang tidak dilengkapi dengan persendian:
Boneka dua dimensi


Boneka tiga dimensi

Contoh boneka yang dilengkapi dengan persendian:

Boneka Barbie dengan persendian
Boneka dengan perrsendian lebih banyak
Boneka mannequen

2. Menampilkan seluruh tubuh kecuali kaki

Ada macam boneka yang lengkap namun tidak disertakan kaki. Boneka ini biasanya berupa boneka hias yang sengaja dipasang sebagai pajangan. Ada pula boneka yang memang sengaja tidak memiliki kaki karena kepentingan tertentu seperti boneka wayang Golek yang digunakan untuk kepentingan pertunjukan.
Boneka tanpa kaki


Boneka kayu


Wayang Golek

3. Menampilkan setengah badan

Jarang boneka yang hanya menampilkan setengah badan saja. 
Boneka setengah badan

Adapun boneka semacam ini dengan ukuran besar terdapat pada boneka Mannequen yang sengaja berfungsi sebagai pajangan yang menampilkan bagian tertentu saja. Jenis boneka ini ada yang dari tengah badan hingga kepala, ada yang tanpa kepala atau tanpa tangan, ada juga yang dari tengah badan hingga kaki. 
Boneka Mannequen dari pinggang hingga kepala

Boneka Mannequen badan tanpa tangan dan kepala


Boneka Mannequen dari pinggang hingga kaki

Boneka yang menampilkan setengah badan saja juga lazim dijumpai pada boneka tangan yang memang menampilkan setengah badan saja ketika dimainkan. Boneka tangan menampilkan setengah badan dari pinggang hingga kepala.
Boneka tangan

3. Menampilkan kepala, tangan dan kaki

Ada boneka yang hanya menampilkan kepala saja namun disertai juga dengan tangan dan kaki. Keberadaan tubuh tidak jelas dan menyatu dengan kepala namun ada juga yang disertai dengan badan dengan ukuran sangat sempit. Bentuk boneka ini adalah bentuk distorsi biasanya berdasarkan tokoh kartun.
Boneka tanpa tubuh

4. Menampilkan kepala saja

Boneka yang hanya menampilkan kepala saja biasanya terdapat pada boneka bantal atau gantungan kunci. Penampilan kepala saja ini merupakan perwakilan dari keseluruhan badan boneka yang sengaja tidak dibuat. Penampakan wajah boneka sudah cukup menjadi identitas si boneka berdasarkan informasi atau imajinasi si penglihat boneka.

Boneka kepala

Ada juga boneka kepala yang berupa boneka Mannequen kepala, boneka ini berfungsi sebagai model untuk latihan menata bagian kepala manusia. Berfungsi juga sebagai pajangan yang menampilkan hasil dandanan. Dibuat hanya bagian kepala karena hanya pada bagian itu yang dipentingkan. Beberapa boneka jenis ini biasanya disertai dengan leher, ada pula yang dilengkapi dengan bagian dada sedikit sesuai dengan kebutuhan fungsi.
Boneka Mannequen kepala

5. Menampilkan bagian tubuh tertentu

Terdapat boneka yang menampilkan bagian tubuh tertentu yang tidak lazim seperti tangan saja, mata saja, telinga saja bahkan menampilkan bagian-bagian organ dalam. Boneka macam ini terdapat pada boneka kesehatan yang difungsikan sebagai alat peraga praktek atau pembelajaran organ dalam. Boneka jenis ini biasanya adalah tiruan yang sengaja dimiripkan dengan aslinya.


Boneka untuk alat peraga

Adapun jenis boneka semacam ini juga terdapat pada boneka Mannequen yang sengaja menampilkan bagian tubuh yang terpotong seperti tangan saja atau kaki saja. Fungsinya sebagai pajangan pada toko atau keperluan lain yang fokus tertuju pada bagian tersebut.
 
Boneka Mannequen bagian tubuh



No comments:

Post a Comment