Saturday, January 30, 2016

Seni Rupa

Seni merupakan salah satu unsur kebudayaan yang tumbuh dan berkembang sejalan dengan perkembangan budaya manusia selaku penggubah dan penikmat seni. Melalui seni manusia dapat memperoleh kenikmatan sebagai akibat dari refleksi perasaan terhadap stimulus yang diterima. Kenikmatan yang dirasakan bukanlah kenikmatan fisik, melainkan kenikmatan batiniyah yang muncul bila kita menangkap dan merasakan simbol-simbol estetika dari penggubah seni itu sendiri.
Susanto (2003: 101) menyatakan bahwa seni adalah kesanggupan akal manusia baik berupa kegiatan rohani maupun fisik untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai artistik (luar biasa), menggugah perasaan orang lain. Sedangkan Menurut Wartono (1987: 7) seni merupakan bentuk penghalusan dari perasaan yang ingin diungkapkan oleh penciptanya. Hal yang sama juga dinyatakan oleh Bastomi (2003: 34) bahwa seni adalah pernyataan batin pencipta, seni sebagai ungkapan batin yang dinyatakan dalam bentuk rupa, gerak, suara, atau bentuk-bentuk lain yang mempesonakan pencipta sendiri atau orang lain yang menerima.
Bedasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa seni adalah perwujudan perasaan manusia yang diekspresikan secara sadar dengan mempergunakan medium sebagai simbol dan melahirkan hasil karya yang bernilai estetika dan bermakna.
Seni rupa adalah salah satu bagian dari seni yang ada di masyarakat. Seni rupa merupakan seni yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan, yang unsur-unsurnya meliputi garis, raut, warna, tekstur, volume, dan ruang (Yudoseputra, 1993: 38). Bastomi (1985: 25) menambahkan pula bahwa seni rupa merupakan cabang seni yang dalam penikmatanya melalui indera mata, sebab seni rupa adalah seni yang manifestasinya kasat mata. Selain cara penikmatanya melalui dilihat, seni rupa juga dapat dinikamati dengan cara meraba wujud dan bentuknya. Sedangkan menurut Soedarso (1976: 8) seni rupa adalah cabang seni yang mengekspresikan pengalaman artistik manusia, lewat objek-objek dua dimensi dan tiga dimensi yang memakan tempat dan tahan akan waktu.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa seni rupa merupakan karya seni yang disampaikan melalui objek dua dimensi dan tiga dimensi serta cara menikmatinya melalui dilihat dan diraba, wujud dan bentuknya sehingga penikmat bisa merasakan keindahannya. Perwujudan perasaan seseorang yang diekspresikan membentuk simbol yang hanya dapat dirasakan melalui indra penglihatan. Pengungkapan perasaan atau gagasan yang estetik dan bermakna itu diwujudkan melalui unsur titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur dan gelap terang, dan sekaligus menunjukkan unsur-unsur dari seni rupa.

No comments:

Post a Comment