Sunday, January 31, 2016

Contoh kurikulum seni rupa dalam bidang Dimensi Aktual

Kurikulum aktual merupakan kurikulum yang berada dalam dimensi proses yaitu implementasi dari dimensi rancangan. Maka kurikulum ini dalam bentuk proses dan belum ada outputnya, artinya sedang terjadi, sedang dalam proses pengimplementasian rancangan yang telah dibuat. Dalam hal ini kurikulum sebagai kegiatan (proses), proses yang dimaksud yaitu proses kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung di sekolah atau kelas, perhatian diberikan penuh kepada anak. Kurikulum merujuk kepada bahan ajar yang telah direncanakan yang akan dilaksanakan dalam jangka panjang. Sedang pengajaran merujuk kepada pelaksanaan kurikulum tersebut secara bertahap dalam belajar mengajar.  

Sebagai contoh kuikulum seni rupa dalam bidang dimensi aktual adalah apabila seorang guru ketika mengajar di dalam kelas, ia menerangkan mengenai seni rupa terapan. Pertama guru memberi pengertian apa itu seni rupa terapan dan seni rupa murni, karena pelaksanaan kurikulum ini secara bertahap dalam belajar mengajar maka kemudian guru baru mencoba memberi contoh seni rupa murni. Pemberian contoh ini dapat melalui pertanyaan kepada murid, hal ini merupakan perhatian yang ditujukan pada anak agar ia benar-benar mengerti tentang apa itu seni rupa terapan dan seni rupa murni. Dengan adanya partisipasi dari peserta didik maka daya otak mereka akan terangsang, hal ini juga dapat dilakukan dengan cara menceritakan pengalaman-pengalaman guru yang menarik mengenai hal yang berkenaan dengan materi. Misalnya saja menceritakan tentang bagaimana menyenangkannya membuat keramik cetak tuang, atau menceritakan tentang hal lucu dari pengalaman itu sehingga ingatan anak akan lebih kuat karena terkandung ilustrasi cerita menarik di dalamnya.

No comments:

Post a Comment