Saturday, January 30, 2016

Perkembangan Anak masa TK

Masa Taman Kanak-Kanak, merupakan bagian dari masa perkembangan yang penting dari perkembangan usia dini. Pada masa ini Zulkifli (1993) menerangkan bahwa pada masa TK anak mengalami perkembangan motorik, pengamatan dan fantasi, perkembangan bahasa, permaian anak-anak, gambar anak-anak, serta perkembangan sikap sosial. Perkembangan pada tahap ini salah satunya adalah perkembangan pengamatan dan fantasi. Kegiatan yang menggunakan alat-alat indra seperti perbuatan melihat, mendengar, mencium, mengecap, dan meraba disebut mengamati. Pengamatan ini menghasilkan yang namanya gambaran pengamatan yang disimpan dalam “lubuk” jiwa. Sampai hal ini, Zulkifli (1993) menerangkan diperoleh tiga macam gambaran, yaitu gambaran pengindraan, gambaran pengamatan dan gambaran ingatan. Namun pada tingkatan anak-anak belum mampu membedakan ketiga hal itu, hanya orang dewasa yang mampu membedakan mana gambaran pengindraan dan mana gambaran fantasi. Fantasi adalah kesanggupan jiwa membentuk tanggapan yang baru dengan pertolongan tanggapan yang telah ada (lihat Zulkifli, 2006: 33). Anak-anak terutama pada masa kanak-kanak memiliki fantasi yang sangat luas, sehingga orang dewasa menganggapnya mustahil, misalnya kursi dibalikkan menjadi kuda-kudaan, guling diciptakan menjadi pesawat terbang, penggaris dianggap sebagai pedang-pedangan dan sebagainya. Pada usia kanak-kanak, pengertian gambaran yang dimiliki memang masih sederhana namun perasaan dan keinginannya meluap-luap, oleh karena itu media berekspresi sangatlah penting untuk meluapakan perasaan dan keinginan sebagai fantasi tersebut.

No comments:

Post a Comment