Friday, January 15, 2016

Boneka

Boneka merupakan salah satu benda kerajinan tangan yang termasuk kedalam karya seni rupa 3 dimensiKata “boneka” berasal dari bahasa Portugis yaitu boneca, atau dalam bahasa Jawa/Sunda disebut golek. Golek adalah sejenis mainan yang berbentuk manusia atau binatang, biasanya figur yang dibuat boneka adalah tokoh-tokoh fiksi (Purwoko, 2011:18). Boneka dapat diartikan sebagai karya seni rupa tiga dimensi berupa patung yang merupakan tiruan dari bermacam figur yang dapat difungsikan maupun sebagai benda hias.
 Figur boneka dapat bercorak figuratif ekspresionis, transformatif, distorsif, dan realis. Corak Imitatif (Realis/Representatif) adalah corak yang dalam perwujudannya mirip dengan yang ada di alam(manusia, binatang, tumbuhan) dan fisioplastis atau anatomi, proporsi maupun gerak. Sedangkan corak Deformatif adalah corak yang bentuknya yang di rubah dari bentuk aslinya tetapi tidak meninggalkan bentuk aslinya. Bentuk ini mengalami pemiuhan atau distorsi. Bentuk alam diolah diubah menurut imajinasi, atau hayalan. Perubahan itu masih terkait masih terkait sifat-sifat fisik.
Bentuk boneka secara khusus sangat beragam, ada yang berbentuk binatang, manusia atau tokoh terkenal, contohnya tokoh-tokoh dalam cerita kepahlawanan, kartun, maupun dalam cerita boneka. Contoh: cerita boneka dalam Si Unyil, Pinokio, Sesame Street, dan lain sebagainya.
Si Unyil
Pinokio
Sesame Street

No comments:

Post a Comment