Saturday, January 30, 2016

Pengertian Stereotipe

Stereotipe berasal dari bahasa latin yaitu stereot yang artinya kaku dan tipos yang artinya kesan. Dalam bahasa Inggris dikatakan “stereotype is image or idea of a particular type of person or thing that has become fixed through beingwidely held”, artinya stereotipe adalah suatu gambaran atau gagasan tentang suatu peribadi/suku tertentu atau barang tertentu dimana hal itu telah menjadi ketetapan/ketentuan yang dipegang/diyakini secara luas.
Menurut Wikipedia, Stereotipe adalah penilaian terhadap seseorang hanya berdasarkan persepsi terhadap kelompok di mana orang tersebut dapat dikategorikan. Sander Gilman dalam Wikipedia menekankan bahwa stereotipe secara definisi tidak pernah akurat, namun merupakan penonjolan ketakutan seseorang kepada orang lainnya, tanpa mempedulikan kenyataan yang sebenarnya.
Bayu, dkk (2009) mengatakan bahwa pengertian stereotipe adalah pandangan penilaian mengenai sifat-sifat dan watak pribadi suatu individu atau golongan lain yang bersifat subjektif, tidak tepat dan cenderung negatif karena tidak lengkapnya informasi yang didapatkan. Luciatridyana (2009) mengatakan bahwa stereotip tampaknya bersumber dari kecenderungan kita untuk melakukan kerja kognitif sedikit mungkin dalam berpikir mengenai orang lain.
Humaira (2011) menyebutkan bahwa stereotipe yaitu suatu pembenaran umum untuk menggambarankan profesi, kebangsaan, ras, dan agama dengan prasangka (penilaian tanpa melalui pengamatan). Stereotip ini sangat berpengaruh pada saat perkembangan awal anak-anak, sehingga sulit untuk di ubah apalagi dihilangkan. Menghilangkan kekreatifan berpikir bebas dengan gaya yang kita miliki dengan segala keunikannya. Setiap orang telah mempunyai cap di mata mereka dan akan berpikir sangat tidak fleksibel.
Broom dalam Silvagama (2010) menyatakan bahwa perilaku stereotipe yaitu pengulangan secara relatif kelangsungan gerakan tidak bervariasi dan tidak punya tujuan yang jelas. Santoso mengatakan bahwa Stereotype merupakan keyakinan tentang sifat-sifat pribadi yang dimilki orang dalam kelompok atau kategori sosial tertentu.
Nursalam (2007) Stereotipe kerap digunakan dalam pengertian negatif atau purba sangka dan cukup sering digunakan untuk menjustifikasi perilaku diskriminatif tertentu. Dalam bentuk yang lebih lunak, stereotipe dapat mengungkapkan kearifan masyarakat yang terkadang akurat mengenai sebuah realitas sosial. Stereotypes are ideas held about members of particular groups, based solely on membership in that group. They are often used in a negative or prejudicial sense and are frequently used to justify certain discriminatory behaviors. More benignly, they may express sometimes-accurate folk wisdom about social reality (Wikipedia, Free Encyclopaedia).

Banyak pengertian Stereotip di atas merupakan pengertian stereotip secara umum. Dalam kajian gambar seni rupa, stereotip memiliki arti lain, Menurut Oho, Garha (1980) stereotipe artinya pengulangan. Lebih sempit lagi, stereotipe disini perulangan dalam kajian gambar anak. Gambar stereotipe ialah gambar ungkapan ingatan secara berulang-ulang bentuk tertentu (Julie (2011).

No comments:

Post a Comment