Kreativitas
mempunyai peran yang
sangat
penting dalam hidup manusia, manusia kreatif dapat memberi kontribusi
terhadap pembangunan,
untuk meningkatkan kwalitas hidup baik secara individu, masyarakat
atau bangsa pada umumnya. De Francesco,
1958
(dalam Tocharman, Maman, et al. 2006) menyatakan bahwa
"Pendidikan
seni mempunyai kontribusi terhadap pengembangan individu antara
membantu
pengembangan mental, emosional, kreativitas, estetika, social dan
fisik. Aspek kreativitas mempunyai peranan yang sangat penting dalam
kehidupan manusia. Apalagi di masa pembangunan ini, orang yang
berdaya kreatif sangat dibutuhkan guna mengembangkan ide-ide yang
konstruktif yang akan membantu pemerintah dan masyarakat dalam
memajukan kehidupan dan berkebudayaan".
Pembinaan
kreativitas perlu diberikan pada siswa sedini mungkin, dengan
membekali berbagai kemampuan (skill)
sebagai bekal kecakapan hidup untuk mampu dikembangkan pada saat
mereka membutuhkan penghidupan. Pendidikan seni rupa di sekolah
dengan tuntutan ranah apresiasi dan kreasi merupakan wahana dalam
memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kreativitas
dirinya. Kreativitas dalam seni ditinjau dari unsur nilai ekstrinsik
dan instrinsik seni, karena wujud seni mencakup dua aspek tersebut.
Seberapa besar
kreativitas anak dalam berkarya seni rupa dapat dilihat melalui
sebuah indikator. Berikut merupakan indikator-indikator yang ditulis
oleh Affandi (2004: 35), indikator dalam penilaian seni rupa anak
meliputi:
- Indikator tingkat kreativitas, meliputi:
- Keanekaragaman unsur-unsur motif, objek, figur, dan warna
- Kebaharuan dan keaslian tampilan
- Kemampuan penataan komposisi unsur-unsur.
- Indikator tingkat kebebasan berekspresi, meliputi:
- Ketegasan dalam garis dan warna
- keberanian dalam mengorganisasi unsur-unsur
- Indikator tingkat keterampilan teknik, meliputi
- Keindahan/ kebagusan hasil karya sesuai dengan media yang digunakan
- Kecermatan dalam penyelesaian.
Terimakasih kak, postingannya sangat membantu (Y)
ReplyDeletekalau saya boleh tanya, pendapat Affandi (2004: 35), tentang indikator dalam penilaian seni rupa anak itu judul bukunya apa ya kak? Ada ngga kak PDF nya?
Makasih kak..